EVALUASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DALAM PENDIDIKAN DAERAH LINGKAR TAMBANG

Wiwien Kurniawati

Abstract


Jenis penelitian adalah penelitian evaluatif dengan menggunakan pendekatan mix kuantitatif dan kualitatif. Penelitian evaluasi adalah penggambaran sebuah program dan mengukurnya berdasarkan kriteria tertentu. Subjek penelitian ini adalah program-program CSR PT. Newmont Nusa Tenggara. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Pemerikasaan dan keabsahan data dilakukan melalui pendekatan triangulasi data yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Penelitian ini menggunakan teknik analisis interactive model. Proses analisis tersebut mengandung komponen reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu Kegiatan atau program CSR PT. NNT memberikan kontribusi yang positif terhadap peningkatan pendidikan, terutama dalam sarana dan prasarana bidang fisik, hal ini dilihat dari rerata 15,8235 dan skor yang diperoleh yaitu 97% dalam kategori maksimal. Sedangkan kontribusi dalam bidang non fisik masih berada pada kategori kurang, yaitu dengan perolehan rerata 9,0588 dan skor 55%.

Kata kunci: CSR (Corporate Social Responsibility)


Full Text:

PDF

References


Bernadette G.V. (2007). Conceptual framework for the development promise of CSR in education.Journal of administration company. 13, 140-149.

Brown, E (2009). Corporate social responsibility in higher ducation. Journal for Critical Geographies, 8 (3), 474-483

Burhan Bungin. (2007). Metodologi penelitian kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group Creswell, J. W. (1998). Qualitatif inquiry and research design. London: Sage Publications. David C. J & Montgomery C. A. (2007). Corporate stategy, a resource based approach. New York: McGraw Hill Companies.

Dody Prayogo. (2011). Social responsibility corporation. Peta masalah, tanggung jawab sosial dan pembangunan komunitas pada industri tambang dan migas di indonesia. Jakarta: Universitas Indonesia.

Dunn, W. (2003). Pengantar analisis kebijakan publik. (Terjemahan Samodra Wibawa & Diah Astidani). Englewood Cliffs: Pretence-Hall. (Buku asli diterbitkan tahun 1991)

Ebert R. J. & Griffin R. W. (2005). Business essential. Upper Saddle River: Pearson Education.

Elvinaro Ardianto & Dindin Machfus. (2011). Efek kedermawanan pebisnis dan CSR. Jakarta: Gramedia.

Hasbullah. (2011). Dasar-dasar pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Hill, C. W. L (2005). International business. New York: McGraw Hill Companies.

Hoy, C., Jardine, C. B. & Wood, M. (2002). Improving quality in education. London: Falmer Press.

Hutchins, R. M. (1988). The learning society. London: Pelican Books.

Knowless, M. (1980). The modern practice of adult education: from pedagogy to andragogy. Chicago: Follet Publishing Company

Undang-undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. 2007. Pemerintah Republik Indonesia




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v2i2.597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Wiwien Kurniawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.