EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran yang disebabkan oleh gaya mengajar guru yang bersifat monoton,dan masih menggunakan metode konvensional, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, oleh karena itu salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus t-tes. Hasil analisis yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai thitung sebesar 6,884 dan ttabel 2,042 dengan taraf Signifikansi 5% dengan d.b (N-1) = 31-1=30 lebih besar dari pada nilai t pada tabel (6,884>2,042) dengan demikian penelitian ini signifikan. Berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: Ada Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMPN 3 Gerung Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2017/2018.
Kata Kunci: Cooperative Integrated Reading And Composition, Hasil Belajar
Full Text:
PDFReferences
Ardani, R.Z. 2015.Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) dan Reward Terhadap Kemampuan Membaca Teks Bahasa Arab di MTSN Sleman Kota. Yogyakarta: (Skripsi).
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Azizah.2010. Pengaruh Model Pembelajaran KooperatifTipe Circ (Cooperative Integrated Reading AndComposition)Terhadap KemampuanMenyelesaikan Soal Cerita Matematik. Jakarta: (Skripsi).
Djiwandono, S. 2011. Tes Bahasa Pegangan Bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: PT INDEKS.
Huda, M. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. http://ganditama-doc.blogspot.co.id/2014/03/definisi-pre-test-dan-post-test.html, di akses tanggal 08 Mei 2017, jam 23:54.
http://www.kompasiana.com/totopardamean/modelpembeljaran-untuk-efisiensi-dan-efektivitas-pembelajaran.html, di akses tanggal 19 April 2017, jam 20:18.
IKIP Mataram.2011. Pedoman Pembimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah.Mataram: IKIP Mataram.
Mahsun. 2011. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Margono. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Mudjiono dan Dimyati. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT RINEKA CIPTA
Sangadji, E.M dan Sopiah. 2010. Metodologi Pendidikan. Yogyakarta: ANDI
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
__________. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
__________. 2015. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suhana, C. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Sukmadinata, N.S. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto, A. 2013.Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Group
Tambunan, I. 2011. Pengaruh Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Berbantuan Scramble Terhadap Hasil BelajarKognitif Materi Sistem Peredaran Darah Siswa SMP. Semarang: (Skripsi).
Zumriatun, A. 2017.Perbandingan Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pkn Siswa Kelas VIII SMPN 2 Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Mataram: (Skripsi).
DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v2i2.596
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Husnul Khaatimah, Restu Wibawa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN: 2656-1417 (Online)
ISSN: 2503-0620 (Print)
Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.