PERSEPSI SISWA TENTANG PENERAPAN PENDIDIKAN GRATIS HUBUNGANNYA DENGAN MUTU PENDIDIKAN SISWA SMAN 1 WOJA KABUPATEN DOMPU

Muzakkir Muzakkir

Abstract


Penyelenggaran pendidikan gratis oleh pemerintah pusat atau yang biasa dikenal dengan wajib belajar 9 Tahun dari Sekolah Dasar Sampai Sekolah Mengengah Pertema tetapi tidak sampai tingkat SMA/SMK. Pemerintah daerah kabupaten dompu menyelenggaran pendidikan gratis untuk SMA/SMK dengan anggaran daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendidikan gratis di SMA hubungan dengan mutu pendidikan. Mutu dalam hal ini yaitu hasil belajar siswa. Dari analisis perhitugan hasil belajar bahwa 80% dari 95 jumlah siswa Kelas XI yang dijadikan sampel mayoritas memenuhi standar KKM dengan rata-rata nilai 85 diatas standar KKM 75. Respon siswa yang setuju dan sangat setuju tentang penerpan pendidikan gratis berjumlah 64 siswa atau 67%. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai Fhitung > Ftabel artinya tolak Ho dan terima Ha berarti penerapan pendidikan gratis ada hubungannya dengan mutu atau hasil belajar siswa.

Kata kunci : Pendidikan Gratis, Mutu Pendidikan


Full Text:

PDF

References


Mulyasa. 2002: Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Soedijarto. 1991: Mencari Strategi Pengembangan Pendidikan Nasional Menjelang Abad XXI. Jakarta: PT. Grasindo.

Suaidinmath (2011). Menyoal Sekolah Gratis Dikabupaten Dompu. Artikel

Suderadjat, Hari. 2005: Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah; Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Implementasi KBK, Bandung : Cipta Lekas Garafika

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Usman, Husaini. 2006: Manajemen Teori, Praktek Dan Riset Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Tentang SISDIKNAS dan Penyelenggaraan Pendidikan.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v2i2.595

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muzakkir Muzakkir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.