Analisis Kesulitan Belajar Membaca Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN Kunciran 5 Kota Tangerang

Siti Khoiriyah, Nur Latifah, Enawar Enawar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan membaca siswa kelas IV SDN Kunciran 5. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Aspek siswa yang mengalami kesulitan belajar membaca dijelaskan dalam temuan penelitian sebagai kesulitan membaca dengan lancar, membuat banyak kesalahan saat membaca, kesulitan membedakan karakter yang sama dan memori visual yang buruk. Itu rusak dan tidak dapat mengenali simbol fonetik. Karakteristik kesulitan membaca siswa, yaitu menghapus kata/huruf, menyisipkan kata, mengganti kata, salah mengucapkan kata, mengucapkan kata dengan guru, mengulang-ulang, membalik huruf, tanda baca berlebihan Kurang perhatian, koreksi diri, ragu-ragu. Berdasarkan hasil penelitian, kesulitan dalam belajar membaca adalah siswa tidak dapat mengenal huruf, siswa tidak dapat membaca kata-kata yang tidak masuk akal, dan siswa tidak dapat disimpulkan bahwa aspek kesulitan belajar membaca yaitu siswa belum mampu mengenal huruf, siswa belum mampu membaca kata bermakna, membaca kata yang tidak mempunyai arti, siswa juga belum lancar membaca nyaring dan pemahaman (menyimak).


Keywords


kesulitan belajar; kesulitan membaca; bahasa indonesia

References


Akhyar, F. (2019). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Dalam Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional STKIP PGRI Bandar Lampung, 1(1), 77–90.Aktif, P., & Sekolah, D. I. (2016). Issn e-issn : 2460-4917 : 2460-5794. 2, 30–43.

Anzar, S. F. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015 / 2016. 4(1), 53–64.

Burton, B., Windingstad, S., & Bell, S. M. (2006). Book Review: Early Reading Assessment: A Practitioner’s Handbook. In Journal of Psychoeducational Assessment (Vol. 24, Issue 2). https://doi.org/10.1177/0734282905285803

Feronika, L. (2016). Studi Analisis Tentang Kesulitan Membaca (disleksia) serta Upaya Mengatasi pada Siswa VB Muhammadiyah 22 Sruni, Sukarata. Jurnal Skripsi, 1–14.

Gomes, F. De. (n.d.). DIAGNOSIS DAN METODE BELAJAR MEMBACA. 10.

Januarti, N. K., Dibia, I. K., & Widiana, I. W. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Dalam Pembelajaran Membaca Cepat Siswa Kelas V Sd Gugus Vi Kecamatan Abang. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1).

Meo, A., Wau, M. P., & Lawe, Y. U. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Sdi Bobawa Kecamatan Golewa Selatan Kabupaten Ngada. Jurnal Citra Pendidikan, 1(2), 277–287.

Mulyono Abdurrahman. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasnya. PT RINEKA CIPTA.

Munirah, M. (2018). Peranan Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(02), 111–127. https://doi.org/10.26618/jtw.v3i02.1597

Nani, N., & Hendriana, E. C. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SDN 12 Singkawang. Journal of Educational Review and Research, 2(1), 55. https://doi.org/10.26737/jerr.v2i1.1853

Moleong, L. M. . (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT REMAJA ROSDAKARYA.

Septiana Soleha, R., Enawar, E., Fadhillah, D., & Sumiyani, S. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Berajah Journal, 2(1), 58–62. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.50

Siti Urbayatun. (2019). Kesulitan Belajar & Gangguan Psikologis Ringan pada Anak (Nur Huda A (ed.); Puspita Pu). 31 Oktober 2019.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.5941

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Siti Khoiriyah, Nur Latifah, Enawar Enawar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.