Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Kelas IV SD Negeri Purbayan 02
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dari, F. W., & Ahmad, S. (2020). Model Discovery Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1469–1479.
Hidayah, R., Salimi, M., & Susiani, T. S. (2017). Critical Thinking Skill: Konsep dan Indikator Penilaian. Jurnal Taman Cendekia, 01(02), 127–133. Retrieved from http://clpsy.journals.pnu.ac.ir/article_3887.html
Khofiyah, N. H., Santoso, A., & Akbar, S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Benda Nyata terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(1), 61–67. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11857
Larasati, D. A. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Berbasis Higher Order Thinking Skill Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(1), 39–47. https://doi.org/10.31932/ve.v11i1.684
Mustikaningrum, G., Widiyanto, W., & Mediatati, N. (2021). Application of The Discovery Learning Model Assisted by Google Meet to Improve Students’ Critical Thinking Skills and Science Learning Outcomes. International Journal of Elementary Education, 5(1), 30–38. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i1.34344
Nurcahyo, E., Agung S, L., & Djono, D. (2018). The Implementation of Discovery Learning Model with Scientific Learning Approach to Improve Students’ Critical Thinking in Learning History. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(3), 106–112. http://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v5i3.234
Oktaviani, W., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Basicedu, 2(2), 5–10.
Rahayu, R. D. Y., Mawardi, M., & Astuti, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 8–13. http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v4i1.927
Rakhmawati, R. A., & Mawardi, M. (2021). Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(1), 139–144. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i1.177
Rizaldi, W., & Mawardi, M. (2021). Improving Critical Thinking Skills and Learning Outcomes of 4th Grade Students Through Discovery Learning Model. JETL (Journal of Education, Teaching and Learning), 6(1), 13–17. http://dx.doi.org/10.26737/jetl.v6i1.2348
Safitri, W. C. D., & Mediatati, N. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1321–1328. Retrieved from https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/925. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.925
Saputra, M. A., Umasih, U., & Sarkadi, S. (2018). The Impact of Discovery Learning and Critical Thinking towards Learning Outcomes of Indonesian History. Tawarikh: Jurnal of Historical Studies, 10(1), 31–44. Retrieved from https://www.journals.mindamas.com/index.php/tawarikh/article/view/1058%0Ahttps://www.journals.mindamas.com/index.php/tawarikh/article/download/1058/949. https://doi.org/10.2121/tawarikh.v10i1.1058
Setyawan, R. A., & Kristanti, H. S. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1076–1082. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.877
Supanti. (2019). Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IXG SMP Negeri 1 Surakarta Tahun 2017/2018. Historika, 22(1), 59–70.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://pmpk.kemdikbud.go.id/assets/docs/UU_2003_No_20_-_Sistem_Pendidikan_Nasional.pdf
Windarti, Y., Slameto, S., & Widyanti S, E. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 150–155. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.353
Yuliana, N. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 21–28. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13851
DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.5926
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Hanifa Rizka Salamah, Muhroji Muhroji, Wahyu Ratnawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN: 2656-1417 (Online)
ISSN: 2503-0620 (Print)
Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.