Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Kelas IV SD Negeri Purbayan 02

Hanifa Rizka Salamah, Muhroji Muhroji, Wahyu Ratnawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD Negeri Purbayan 02. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subjek berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan tes. Teknik analisis menggunakan teknik kuantitatif dan teknik kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning terbukti meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD Negeri Purbayan 02. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi yang meningkat dari pra siklus, siklus I, dan siklus II yaitu rata-rata kelas sebesar 1,91; 1,95; dan 2,41. Sama halnya dengan hasil kuesioner, pada kondisi awal nilai rata-rata sebesar 63,38 meningkat menjadi 82 setelah diberikan tindakan. Data ini dikuatkan dengan hasil tes pra siklus, siklus I, dan  siklus II yaitu rata-rata kelas sebesar 56,4; 74,3; dan 84,2.

Keywords


Discovery learning, kemampuan berpikir kritis

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dari, F. W., & Ahmad, S. (2020). Model Discovery Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1469–1479.

Hidayah, R., Salimi, M., & Susiani, T. S. (2017). Critical Thinking Skill: Konsep dan Indikator Penilaian. Jurnal Taman Cendekia, 01(02), 127–133. Retrieved from http://clpsy.journals.pnu.ac.ir/article_3887.html

Khofiyah, N. H., Santoso, A., & Akbar, S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Benda Nyata terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(1), 61–67. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11857

Larasati, D. A. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Berbasis Higher Order Thinking Skill Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(1), 39–47. https://doi.org/10.31932/ve.v11i1.684

Mustikaningrum, G., Widiyanto, W., & Mediatati, N. (2021). Application of The Discovery Learning Model Assisted by Google Meet to Improve Students’ Critical Thinking Skills and Science Learning Outcomes. International Journal of Elementary Education, 5(1), 30–38. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i1.34344

Nurcahyo, E., Agung S, L., & Djono, D. (2018). The Implementation of Discovery Learning Model with Scientific Learning Approach to Improve Students’ Critical Thinking in Learning History. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(3), 106–112. http://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v5i3.234

Oktaviani, W., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Basicedu, 2(2), 5–10.

Rahayu, R. D. Y., Mawardi, M., & Astuti, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 8–13. http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v4i1.927

Rakhmawati, R. A., & Mawardi, M. (2021). Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(1), 139–144. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i1.177

Rizaldi, W., & Mawardi, M. (2021). Improving Critical Thinking Skills and Learning Outcomes of 4th Grade Students Through Discovery Learning Model. JETL (Journal of Education, Teaching and Learning), 6(1), 13–17. http://dx.doi.org/10.26737/jetl.v6i1.2348

Safitri, W. C. D., & Mediatati, N. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1321–1328. Retrieved from https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/925. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.925

Saputra, M. A., Umasih, U., & Sarkadi, S. (2018). The Impact of Discovery Learning and Critical Thinking towards Learning Outcomes of Indonesian History. Tawarikh: Jurnal of Historical Studies, 10(1), 31–44. Retrieved from https://www.journals.mindamas.com/index.php/tawarikh/article/view/1058%0Ahttps://www.journals.mindamas.com/index.php/tawarikh/article/download/1058/949. https://doi.org/10.2121/tawarikh.v10i1.1058

Setyawan, R. A., & Kristanti, H. S. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1076–1082. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.877

Supanti. (2019). Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IXG SMP Negeri 1 Surakarta Tahun 2017/2018. Historika, 22(1), 59–70.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://pmpk.kemdikbud.go.id/assets/docs/UU_2003_No_20_-_Sistem_Pendidikan_Nasional.pdf

Windarti, Y., Slameto, S., & Widyanti S, E. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 150–155. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.353

Yuliana, N. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 21–28. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13851




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.5926

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hanifa Rizka Salamah, Muhroji Muhroji, Wahyu Ratnawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.