PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK SISWA KELAS IX DI SMPN 2 KAYANGAN
Abstract
Minimnya model atau metode pembelajaran yang diterapkan didalam kelas sehingga proses pembelajaran monoton pada cara-cara lama, sehingga pengembangan kreativitas belajar siswa sangat minim. Rumusan masalah penelitian ini “apakah ada pengaruh penggunaan Pembelajaran Berbasis Komputer terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran TIK siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Kayangan Kabupaten Lombok Utara”.Tujuan Penelitian ini “ingin mengetahui pengaruh Pembelajaran Berbasis Komputer terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran TIK siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Kayangan Kabupaten Lombok Utara Tahun Pelajaran 2016/2017”.Rancangan penelitian yang digunakan peneliti adalah Post Experimen-Control Design. JumlahPopulasi 48 orang.Dengan teknik pengambilan sampel random sampling.Adapun sampel yang digunakan adalah kelas IX.1 yakni kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dan kelas IX.2 merupakan kelas kontrol sebagai kelas pembanding.Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, maka digunakan metode angket sebagai metode utama dan metode dokumentasi merupakan metode pendukung.Teknik analisis data menggunakan t-test. Berdasarkan hasil perhitungan, diketahui nilai “t” diperoleh sebesar6,596 Selanjutnya nilai tersebut yang dikonsultasikan pada taraf signifikansi 5% dengan N = 24 ternyata batas angka penerimaan atau penolakan hipotesis nol (H0) yang diajukan pada table distribusi t adalah sebesar 2,069. Kenyataan ini menunjukkan nilai thitunglebih besar dari angka penolakan hipotesis nol (H0) antara nilai thitung sebesar 6,596 lebih besar dari ttabelsebesar 2,069 (thitung 6,596 > ttabel 2,069). Maka dapat disimpulkan bahwa H0 di tolak sedangkan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis (Ha) berbunyi: Ada Pengaruh Pembelajaran Berbasis Komputer Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Siswa Kelas IX di SMP Negeri 2 Kayangan Kabupaten Lombok Utara Tahun Pelajaran 2016/2017 diterima.
Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Komputer, Kreativitas Belajar.
Full Text:
PDFReferences
Munandar, U. 2002. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakatat, Bandung: Rineka Cipta
Pengembangan Kreativitas Anak Berbakatat, Bandung: Rineka Cipta
Rachmawati. 2010. Kreativitas Belajar Pada Anak Usia Dini. Bandung: Rineka Cipta
Kreativitas Belajar Pada Anak Usia Dini. Bandung: Rineka Cipta
Rusman, 2013.Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta
,2012. Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta
Suharsimi, A. 2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Bandung: Rineka Cipta.
Sugiyono, 2013.Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Metodelogi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: : Alfabeta
Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sandjaja. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Olahraga.Jakata:
Talajan, G. 2012. Menumbuhkan Kreativitas dan Prestasi Guru, Yogyakarta: Laksbang PRESSindo.
Wirawan. N. 2002. Cara Mudah Memahami Statistic 2. Denpasar: Keraras Emas
Pandu, S. 2013. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Computer Dan Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Geografi Pada Materi Dinamika Atmosfer Kelas X IPS SMA Negeri 1Way Jepara Tahun Ajaran 2013/2014 Jepara: Jurnal FKIP Unila
DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v2i2.591
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Hadi Gunawan Sakti, Budin Budin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN: 2656-1417 (Online)
ISSN: 2503-0620 (Print)
Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.