PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR DIGITAL BERBASIS WEB PADA MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN

Ary Purmadi, Diah Lukitasari

Abstract


Sumber belajar salah satu kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Berbagai macam sumber belajar yang dapat dikembangkan misalnya portal digital berbasis web. Produk pembelajaran ini dikembangkan untuk matakuliah kewirausahaan di Jurusan Teknologi Pendidikan IKIP Mataram. Tujuan penelitian ini adalah 1) menghasilkan produk dengan spesifisikasi atau fitur-fitur pembelajaran 2) menghasilkan sumber belajar digital berbasis web yang layak digunakan dalam mata kuliah kewirausahaan 3) mengetahui efektifitas pembelajaran produk. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini melalui dua cara yakni kuantitatif dan kualitatif. Hasil Penelitian ini adalah 1) Fitur pembelajaran yang dihasilkan seperti materi yang bervariasi, sistem penilaian online, dan fasilitas chating. 2) portal pembelajaran yang telah memenuhi unsur kelayakan, baik pada uji alpha untuk ahli media sebesar 4,27 dan materi 4,28 serta uji beta sebesar 4,24 yang tergolong kategori “sangat baik”. 3) Selain itu juga, portal yang dikembangkan dapat dikatakan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran sebesar 97 % dari penilaian pretest ke posttest.

Full Text:

PDF

References


Alessi, S.M & Trollip, S.R. (2001). Multimedia for learning: methods and development (3rd ed.). Boston: Ally & Bacon A Pearson Education Company.

Jethro, O., dkk. (2012). E-Learning and Its Effects on Teaching and Learning in a Global Age. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences. 203-210.

Kasmir, (2010). Kewirausahaan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Nagarajan, P & Jiji, G. W. (2010). Online Educational System (E- Learning). International Journal of u- and e- Service, Science and Technology. Vol 3 No 4. 37

Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT Kencana Media Group




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v2i2.588

Refbacks



Copyright (c) 2022 Ary Purmadi, Diah Lukitasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.