Implementasi E-Modul Berbasis Creative Problem Solving pada Materi Ikatan Kimia terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa

Nurfajriani Nurfajriani, Riska Chairani

Abstract


Riset mempunyai itujuan agar menemukan peningkatan hasil belajar murid memakai E-modul berbasis Creative Problem Solving (CPS) materi ikatan kimia. Riset ini memakai (one group pre-test – post-test design). Sampel dipilih dalam riset ini ialah 10 murid kelas X IPA SMA. Teknik pengambilan sampel ini memakai teknik purposive sampling. Hasil N-Gain yang diperoleh ialah 73,7% (0,737) yang dinyatakan dengan kriteria “Tinggi”. Arti kata tinggi dalam uji ini yaitu, dalam proses pembelajaran dengan memakai E-Modul berbasis Creative Problem Solving (CPS) 10 murid sebagai sampel memperoleh peningkatan hasil belajar yang tinggi. Dari hasil pengujian hipotesis dinyatakan bahwasanya Ha diterima serta Ho ditolak. Dengan begitu bisa dinyatakan bahwasanya ditemukan peningkatan hasil belajar murid terhadap pemakaian E-Modul Berbasis Creative Problem Solving (CPS) materi ikatan kimia di kelas X IPA SMA.


Keywords


E-Modul; Creative Problem Solving (CPS); Ikatan Kimia; Peningkatan Hasil Belajar

References


Arikunto, S. (1999). Prosedur Riset Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Aspari. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Murid Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Modul pada Murid SMA Negeri 2 Labuapi. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Riset dan Pengembangan Pembelajaran. 5 (2). 126-131.

Buchari, A. (2018). Posisi Pendidik Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’. 12 (2). 106-124.

Budiarti, A., Handhika, J., & Kartikawati, S. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Scientific Berbasis E-Book Pada Materi Rangkaian Induktor Terhadap Hasil Belajar Murid. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro). 2 (2). 21- 28.

Feldt, K. S. (2004). Pain Assessment & Management. Associate Profesor : College of Nursing Seattle University.

Ismail, M. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Ikatan Kimia Dengan Menerapkan Strategi Pembelajaran Peta Konsep Pada Murid Kelas X di SMA Negeri I Telaga. Jurnal Entropi. 8 (1). 520-529.

Murtiningrum, T., Ashadi, & Sri, M. (2013). Pembelajaran Kimia Dengan Problem Solving Memakai E-Learning dan Komik Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Abstrak dan Daya cipta Murid. Jurnal Inkuiri. 2 (3). 288-301.

Nst, N. A. S., Nurfajriani, & Marini, D. (2021). Perkembangan Riset Pendidikan Mengenai Pengembangan E-Modul dengan Sigil Software. Prosiding Seminar Nasional Kimia 2021.108-114.

Nurfajriani & Zuhairiah, N. (2015). Pengaruh Software Macromedia Flash Pada Pembelajaran dengan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Kimia Murid Pada Pokok Materi Termokimia. Jurnal Pendidikan Kimia (JPKim). 7 (3). 18-24.

Nurfajriani, Siti, H., & Nur, H. (2020). The Effect Of Multimedia Articulate Storyline Based On Discovery Learning On Creative Thinking Ability In Material Reaction Rate. Prosiding Seminar Nasional Kimia Berwawasan Lingkungan. 75-80.

Palah, S. (2017). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Berstrategi M-Rte Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Murid Pada Materi Persegi Panjang. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar. 4 (2). 139–149.

Putri, M. A., & Ary, P. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Sigil Terhadap Motivasi Belajar Murid pada Mata Pelajaran Desain Grafis. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Riset dan Pengembangan Pembelajaran. 5 (2). 174-180.

Rahman, L., Ramlan, S., & Nurfajriani. (2021). Development of E-Module Assisted Chemistry Flip Pdf Professional for Non-Metal Chemistry Learning on the Subject of Carbon and Silicon. Duconomics Sci-meet. 1. 185-191.

Rahman, G., Nurfajriani, & Iis, S. J. (2021). The Effect Of Android Based Interactive Multimedia On Increasing Learning Outcomes And Motivating Students. Prosiding Seminar Nasional Kimia. 67-72.

Silitonga, P. M. (2014). Statistika : Teori dan Aplikasi dalam Riset Edisi Kedua. Medan : FMIPA UNIMED.

Swestyani, S., Masyuri, M., & Prayitno, B. A. (2014). Pengembangan Modul IPA Berbasis Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Murid Pada Materi Pemanasan Global. Jurnal Pembelajaran Biologi. 6 (2). 36–41.

Usman & Akbar, P. S. (2008). Pengantar Statistika. Jakarta : PT Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.5869

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nurfajriani Nurfajriani, Riska Chairani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.