Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Masalah terhadap Peningkatan Hasil Belajar dan Motivasi Siswa pada Materi Laju Reaksi

Rizky Fadilah Pane, Gulmah Sugiharti

Abstract


Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan ajar berbasis masalah terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa, perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan bahan ajar berbasis masalah dan bahan ajar yang ditangani siswa serta respon siswa terhadap bahan ajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kejuruan Muda, dan sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling sebanyak dua kelas, kelas eksperimen yang diajar dengan bahan ajar berbasis masalah dan kelas kontrol yang diajar dengan bahan ajar berbasis masalah. diajarkan menggunakan buku pegangan siswa. Hasil analisis data berdistribusi normal dan homogen. Lebih-lebih lagi, uji t (sisi kanan) dilakukan untuk mengetahui pengaruh model dan bahan ajar terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada taraf signifikansi 0,05 dan uji n-gain untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa hasil. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh bahan ajar berbasis masalah terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa, terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan bahan ajar berbasis masalah dan bahan ajar yang ditangani siswa. sedangkan respon siswa terhadap bahan ajar berbasis masalah memiliki persentase sebesar 76,04% dan dikategorikan baik.

 Kata Kunci: Bahan Ajar, Hasil Belajar, Motivasi Belajar, PBL.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan ajar berbasis masalah terhadap hasil belajar dan motivasi siswa, perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan bahan ajar berbasis masalah dan bahan ajar pegangan siswa serta respon peserta didik terhadap bahan ajar. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kejuruan Muda, dan sampel diambil menggunakan teknik Cluster Random Samplingsebanyak dua kelas, kelas eksperimen yang diajar menggunakan bahan ajar berbasis masalah dan kelas kontrol yang diajar menggunakan buku pegangan siswa. Hasil analisis data berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji-t (pihak kanan) untuk mengetahui pengaruh model dan bahan terhadap hasil belajar dan motivasi pada taraf signifikansi 0,05 dan dilakukakn uji n-gainuntuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh bahan ajar berbasis masalah terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa, terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan bahan ajar berbasis masalah dan bahan ajar pegangan sedangkan respon siswa terhadap bahan ajar memiliki persentase 76, 04% dan dikategorikan baik.

Kata Kunci:  Bahan Ajar, Hasil Belajar, Motivasi Belajar, PBL.


References


Febrianti, E.L. (2020). Motivasi Belajar Menurun Imbas dari Covid-19. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.

Fuad, M. (2020). Bahan Ajar Berbasis Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Hapiziah, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Kimia Materi Laju Reaksi Berbasis STEM Problem Based Learning Kelas XI SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 2(2): 198-211.

Kurniawati, I.L., & Amarlita, D.M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X dalam Materi Hidrokarbon. Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA III (h.78-82). Bali: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNDIKSHA.

Kusnadi, Masykuri, M., & Mulyani, S. (2013). Pembelajaran Kimia dengan Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Laboratorium Real dan Virtual Ditinjau dari Kemampuan Matematik dan Kemampuan Berpikir Abstrak Siswa. Jurnal Inkuiri, 2(2): 163-172.

Muliaman, A. (2021). Efektivitas Model Project Based Learning Berorientasi eXe Learning dan Motivasi terhadap Hasil Belajar pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(1): 51-57.

Muliaman, A., & Hutagaoul, M. (2017). Improvement of Student Learning Outcome Using Model of Collaborative Based Lesson Study with Student’s Worksheet on Materials Hydrolys. AISTEEL, 2(1):141-145.

Muliaman, A., & Mellyzar. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Project Based Learning pada Materi Laju Reaksi.Chemistry in Education, 9(2): 1-5.

Pane, P.E. (2019). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Kimia Inovatif Berbasis Multimedia terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Laju Reaksi. CHEDS: Journal Of Chemistry, Education, And Science, 3(2): 21-28.

Rahayu, A. & Sutarno, J. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Konsep Laju Reaksi dengan Model Discovery PjBL Berbasis STEM di SMAN 1 Lemahabang Cirebon. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains, 4(1):17-23.

Sardiman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Syifaiyah, R., Tukiran., & Erman. (2018). Development of Chemistry Instruction Material using Problem Based Learning Model for Increasing the Student ff Senior High School Learning Achievement. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 8(2): 1479-1486.

Vegatama, M.R. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Macromedia Flash Dan Powerpoint Pada Pembelajaran Langsung Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X1 IPA SMA Negeri 2 Sungguminasa (Studi pada Materi Pokok Asam-Basa). Arfak Chem: Chemistry Education Journal, 1(2): 68-76.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v7i2.5663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rizky Fadilah Pane, Gulmah Sugiharti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.