ANALISIS KETERAMPILAN BERBICARA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SDN KARET 1
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk dapat mendeskripsikan: 1) keterampilan berbicara siswa kelas IV di SDN Karet 1. 2) faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan berbicara siswa kelas IV di SDN Karet 1. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN Karet 1. Dalam penelitian ini, teknik yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) keterampilan berbicara siswa kelas IV di SDN Karet 1 masih dalam katagori kurang dikarenakan siswa sulit menyampaikan kembali secara lisan mengenai cerita yang sudah diketahui sebelumnya. 2) faktor yang mempengaruhi keterampilan berbicara siswa kelas IV di SDN Karet 1 meliputi: faktor kebahasaan dan faktor nonkebahasaan, faktor kebahasaan yaitu pelafalan, intonasi, diksi (pilihan kata), ketepatan sasaran pembicaraan. Sedangkan faktor nonkebahasaan yaitu sikap dan mental, pandangan mata, gerak mimic (gerak gerik), dan relevansi (penalaran).
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR PUSTAKA
Ahmad, A. (2017). PENERAPAN PERMAINAN BAHASA (KATARSIS) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA
SISWA.h. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar.
Anisatun. (2018). MODEL MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD/MI. AR-RUZZ MEDIA.
Arianti. (2019). petunjuk praktis pengajaran KETERAMPILAN BERBICARA. CV BUDI UTAMA.
Darmuki, A., Andayani, Nurkamto, J., & Saddhono, K. (2017). PEMBELAJARAN BERBICARA DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF. CV BUDI UTAMA.
Fadhillah, D., Hamsanah, H. S., & Latifah, N. (2019). PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS TINGGI. Samudera Biru.
Fadhillah, h. (2019). strategi pembelajaran bahasa indonesia kelas rendah. samudera biru.
Kadek Dwi Padmawati, N. W. (2019). ANALISIS KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Journal for Lesson and Learning Studies, 192.
Lotto, S. &. (2016). KEMAMPUAN MENENTUKAN UNSUR INTRINSIK CERPEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 16.
Mawardi. (2019). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Pendidikan. Banguntapan Bantul DI Yogyakarta: Samudera Biru (Anggota IKAPI).
Mawardi. (2021). PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Samudera Biru.
Saradina, i. (2021). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa melalui Pantun di Sekolah dasar. JURNAL BASICEDU, 3724.
Sugiyono. (2020). METODE PENELITIAN KUALITATIF. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Umi, F. (2018). PENGANTAR KETERAMPILAN BERBICARA BERBASIS COOPERATIVE LEARNING THING PAIR SHERE. Yogyakarta: Media perkasa.
DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v7i2.5650
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Siti Nur Faziah, Dilla Fadhillah, Sumiyani Sumiyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN: 2656-1417 (Online)
ISSN: 2503-0620 (Print)
Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.