Pengembangan Modul Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Materi Pendudukan Jepang untuk Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMAN 3 Probolinggo
Abstract
Pandemi Covid-19 jugamenuntut sekolah dan guru untuk melaksanaan pembelajaran secara online karena terkait dengan kebijakan pemerintah untuk melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT). Guru dituntut untuk dapat melaksanakan pembelajaran dengan memanfatkan dan memaksimalkan perkembangan Teknologi Informatika (TI). Hal ini tentu menjadi tantangan bagi guru untuk dapat memfasilitasi siswa dengan memberikan sumber belajar yang efisien, sehingga siswa dapat belajar secara mandiri. Bahan ajar yang digunakan disekolah kurang menarik peserta didik dalam pembelajaran sejarah karena kurang berkaitan dengan kemajuan IPTEK masa kini. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa modul interaktif yang sudah tervalidasi oleh ahli, yaitu ahli materi, media, dan desain. Produk ini diujicobakan pada kelompok kecil dengan responden 9 siswa dan kelompok besar dengan jumlah responden 35 siswa. Pengembangan modul interaktif ini menggunakan model pengembangan Dick and Carey yang terdapat 10 tahapan. Modul interaktif berbasis Kvisoft Flipbook Maker diharapkan dapat menciptakan pembelajaran mandiri dan dapat memberikan pengalaman yang berkesan dan bermakna.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Akhlaqul Karimah, S., & Churiyah, M. (2021). Meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik menggunakan Kvisoft Flipbook Maker berbasis Android. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan, 1(6). https://doi.org/10.17977/um066v1i62021p538-545
Anggraini, R. (2018). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Software Kvisoft Flipbook Maker pada Materi Listrik. https://repository.unja.ac.id/5687/
Arikunto, S. (2010). Produser penelitian suatu pendekatan praktek. In Rineka Cipta. Jakarta.
Fahmi, S., Priwantoro, S. W., Cahdriyana, R. A., & ... (2019). Interactive Learning Media Using Kvisoft Flipbook Maker for Mathematics Learning. Journal of Physics …. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1188/1/012075/meta
Febrinawati, S. I., & Arief, M. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan E- Modul Berbasis Kvisoft Flipbook Maker. Prosiding Seminar Nasional Kelompok Bidang Keahlian ADP 2021, April.
Gholy, M. S., Sumardi, S., & Hadi, S. R. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran PJOK Melalui Program SIBBER Untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani Berkarakter Sportivitas. JOSSAE Journal of Sport Science and Education. https://doi.org/10.26740/jossae.v6n2.p134-145
Mulyono, D., Friansah, D., & Yeni Asmara. (2021). Workshop Pembuatan E-Modul Interaktif Pada MGMP Sejarah Kota Lubuklinggau. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.30596/maslahah.v
Nitami. (2020). Pengembangan Bahan Ajar PPKN Berbasis E-Modul Pada Materi Makna Kedaulatan Dan Demokrasi Pancasila Di Kelas VIII SMPN 19 Kota Jambi. Repository.Unja.Ac.Id.
Nurtjahyani, S. D., & Tutut, T. (2021). … MODUL BAHAN AJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN BERBASIS KVISOFT FLIPBOOK MAKER UNTUK SISWA …. Prosiding SNasPPM.
Oktaviana, N. V., Nayazik, A., & Rani, H. A. D. (2019). Efektifitas Efektivitas Penerapan E-Modul Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Materi Satuan Panjang Kelas 3 SD. Joined Journal (Journal of Informatics Education), 2(1), 32. https://doi.org/10.31331/joined.v2i1.839
Oktaviara, R. A., & Pahlevi, T. (2019). Pengembangan e-modul berbantuan kvisoft flipbook maker berbasis pendekatan saintifik pada materi menerapkan pengoperasian aplikasi pengolah kata kelas x otkp 3 SMKN 2 Blitar. Jurnal Pendidikan Perkantoran, 7(3), 60–65. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/JPAPUNESA/article/view/29542
Putri, I. P., Yuniasih, N., Sakdiyah, S. H., & Malang, U. K. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Perjuangan Para Pahlawan di Kelas IV Sekolah Dasar. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4, 523–530. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/553
Rawung, R. K. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Daring Era 4.0 Di Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Inovasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(1), 67. https://doi.org/10.12928/jimp.v1i1.4200
Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D.
DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v7i2.5547
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Pujianto Hari Wibowo, Ibut Priono Leksono, Ujang Rohman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN: 2656-1417 (Online)
ISSN: 2503-0620 (Print)
Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.