Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dikelas III SDS Muhammadiyah 06 Tebet

Nia Rahmania, Nur Wahyuni

Abstract


Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Siswa Kelas III SDN. Metode yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III. Jumlah keseluruhan kelas III terbagi menjadi 3 kelas dengan jumlah keseluruhan 71 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan yaitu berjumlah 18 siswa. Setelah dilakukan analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar kelas III sangat rendah. Dengan nilai : t_hitung   -0,152 < 2,120 pada t_tabel   (taraf signifikan 0,05) serta dengan tingkat signifikansi 0,881 > 0,05 yang berarti signifikan rendah.


Keywords


Motivasi belajar, Prestasi belajar.

References


SDN Kendalrejo 02 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. Jurnal Simki Pedagogia, 4(1), 87–98. https://doi.org/10.29407/jsp.v4i1.18

Imron, I. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1), 19–28. https://doi.org/10.31294/ijse.v5i1.5861

Jannah, D. M., Hidayat, M. T., Ibrahim, M., & Kasiyun, S. (2021). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3378–3384. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1350

Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 86–95.

Putri, M., & Purmadi, A. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Sigil Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Desain Grafis. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 174-180.

Retrieved from http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jtp/article/view/3073

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1), 52–66. https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.144

Usmadi. (2020). PENGUJIAN PERSYARATAN ANALISIS. Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v7i2.5441

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nia Rahmania, Nur Wahyuni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.