Mengenal Pembelajaran Daring Pada SMA Negeri 1 Turi

Aulia Habibah

Abstract


Abstract

The more advanced and developing the world of education, the quality of human resources will have more potential. Online learning during a pandemic is a surefire way to continue to carry out the teaching and learning process. Not only students who find it difficult, teachers also have to adapt to online-based learning models. There are various kinds of obstacles related to the economic and geographical factors of students. Many of the students have difficulty getting internet access to support online schools. And even teachers face the same problem. However, the obligation to teach online does not dampen the enthusiasm of a teacher in distributing knowledge. Teachers have to spend a lot of internet quota to be able to teach all day because this pandemic situation makes teaching hours so there is no time limit. The school provides a solution by distributing quotas from the government and allowing students and teachers to be able to access the internet at school while still implementing health protocols.

Abstrak

Semakin maju dan berkembang dunia pendidikannya maka kualitas sumber daya manusianya akan memiliki potensi yang lebih. Pembelajaran daring di masa pandemi merupakan cara jitu untuk tetap bisa melaksanakan proses belajar mengajar. Tidak hanya siswa saja yang merasakan kesulitan, guru pun harus beradaptasi dengan model pembelajaran berbasis online. Ada berbagai macam kendala yang berkaitan dengan faktor ekonomi dan geografis siswa. Banyak diantara siswa yang kesulitan mendapatkan akses internet sebagai penunjang sekolah daring. Dan bahkan guru pun mengalami kendala yang sama. Namun kewajiban mengajar secara daring tidak menyurutkan semangat seorang guru dalam menyalurkan ilmu. Guru harus menghabiskan banyak kuota intenet untuk bisa mengajar seharian dikarenakan situasi pandemi ini membuat jam mengajar menjadikan tidak adanya batasan waktu. Pihak sekolah memberikan solusi dengan membagikan kuota dari pemerintah serta mengizinkan para siswa dan guru untuk bisa mengakses internet di sekolah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.


References


Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah. (2020, september 18 ). Panduan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak Pada Masa Pandemi Covid-19. https://sulteng.kemenag.go.id/ diakses pada 10 januari 2022

Fahmi Firdaus Hilmi, (2021, agustus 4). Optimalisasi Peran Guru di Masa Pandemi. https://bdkbandung.kemenag.go.id/ diakses pada 10 januari 2022

Katadata. (2022, januari 3). Jokowi perpanjang status pandemi covid-19 di Indonesia. https://katadata.co.id/ diakses pada 10 januari 2022.

Kemendikbud. (2020). Kemendikbud Himbau Pendidik Hadirkan Belajar Menyenangkan Bagi Daerah yang Terapkan Belajar di Rumah. https://www.tribunnews.com/ diakses pada 10 januari 2022

Menteri Pendidikan, (2020). Surat edaran nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pedidikan dalam Masa Darurat CoronaVirus(COVID-19)

Kemendikbud. (2020). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019. (2021) https://www.kemdikbud.go.id/ diakses pada 10 januari 2022

SMA Negeri 1 Turi. (2021, agustus 21). semangat belajar SMA Negeri 1 Turi dimasa Pandemi covid 19. https://sman1turi.sch.id/ diakses pada 20 september 2021.

Wahyu Aji Fatma Dewi.(2020, April 1) Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar, 2(1), 55-61, https://www.edukatif.org/ diakses pada 10 januari 2022.

Woro Sumarni, Muhammad Hasbi Assidiqi, (2020). Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19, 1, 299-302, https://journal.unilak.ac.id/ diakses pada 10 januari 2022.

Yurianto, Ahmad, Bambang Wibowo, KP(2020). PEDOMAN PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN COVID-19. (M. I. Listiana Azizah, Adistikah Aqmarina




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v7i1.4762

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aulia Habibah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.