PENGGUNAAN AUGMENTED REALITY PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI INDONESIA

Regie Wisnu Pradana

Abstract


Teknologi augmented reality semakin marak berkembang di era seperti sekarang ini. Penggunaannya dapat membantu berbagai sektor termasuk pendidikan sekolah menengah atas. Teknologi augmented reality pada  proses pembelajaran akan sangat membantu siswa dalam memahami suatu materi yang ada. Artikel ini dibuat untuk menelaah penggunaan augmented reality pada Seskolah Menengah Atas yang ada di Indonesia. Adanya artikel ini diharapkan dapat membantu mengetahui seberapa jauh penggunaan teknologi  augmented reality pada sekolah menengah atas yang ada di Indonesia.


Keywords


Pembelajaran; Augmented Reality; Media Pembelajaran

References


Abdoli-Sejzi, A. (2015). Augmented Reality And Virtual Learning Environment. Journal Of Applied Sciences Research, 11(8), 1–5.

Amir, I. (2017). Pengembangan Buku Ajar Dan Augmented Reality Pada Konsep Sistem Pencernaan Di Sekolah Menengah Atas. Pascasarjana.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran; Edisi Revisi.

Bachtiar, M. Y., & Haryanto, H. (2015). Perancangan Aplikasi Berbasis Markerless Augmented Reality Untuk Alat Peraga Organ Dalam Manusia Pada Sekolah Menengah Atas. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terapan (SEMANTIK), 63–66.

Barrow, J., Forker, C., Sands, A., O’Hare, D., & Hurst, W. (2019). Augmented Reality For Enhancing Life Science Education. VISUAL 2019-The Fourth International Conference On Applications And Systems Of Visual Paradigms, 1(1), 1–7.

Dalim, C. S. C., Kolivand, H., Kadhim, H., Sunar, M. S., & Billinghurst, M. (2017). Factors Influencing The Acceptance Of Augmented Reality In Education: A Review Of The Literature. Journal Of Computer Science, 13(11), 581–589. Https://Doi.Org/10.3844/Jcssp.2017.581.589

Efendi, M. Y., Lutfi, I., Utami, I. W. P., & Jati, S. S. P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Augmented Reality Card (Arc) Candi–Candi Masa Singhasari Berbasis Unity3D Pada Pokok Materi Peninggalan Kerajaan Singhasari Untuk Peserta Didik Kelas X KPR1 SMK Negeri 11 Malang. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 1(2), 176–187. Https://Doi.Org/10.17977/Um033v1i22018p176

Gusmida, R., Rahmad, M., Islami, N., Education, P., & Program, S. (N.D.). Development Of Physics Learning Media Using Augmented Reality In Gas Kinetic Theory For. 1–12.

Hafidha, P. N. W. (2014). Augmented Reality Sistem Periodik Unsur Kimia Sebagai Media Pembelajaran Bagi Siswa Tingkat SMA Berbasis Android Mobile. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Haryanto, T., Anra, H., & Pratiwi, H. S. (2017). Aplikasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Materi Pembelahan Sel Dalam Mata Pelajaran Biologi. JUSTIN (Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi), 5(2), 164–168.

Hidayat, T. (2014). Penerapan Teknologi Augmented Reality Sebagai Model Media Edukasi Kesehatan Gigi Bagi Anak. Creative Information Technology Journal, 2(1), 77–92.

Joan, D. R. R. (2015). Articles Enhancing Education Through Mobile By. I-Manager’s Journal Of Educational Technology, 11(4), 8–15.

Konstantinos, T., Andreas, A., & Karakiza, T. (2013). Views Of ICT Teachers About The Introduction Of ICT In Primary Education In Greece. Turkish Online Journal Of Educational Technology-TOJET, 12(1), 200–209.

Kristiono, I. D., Dwiyogo, W. D., & Hariadi, I. (2019). Pembelajaran Ilmu Gizi Olahraga Berbasis Blended Learning Pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan, Dan Rekreasi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(2), 235–241.

Mauludin, R., Sukamto, A. S., & Muhardi, H. (2017). Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Pada Manusia Dalam Mata Pelajaran Biologi. JEPIN (Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika), 3(2), 117–123.

Meslilesi, M. I., Anra, H., & Pratiwi, H. S. (2017). Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Virus Dalam Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA (Studi Kasus: SMA Negeri 7 Pontianak). JUSTIN (Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi), 5(2), 80–84.

Novitasari, A. L. (2019). Aplikasi Pengenalan Senjata Tradisional Indonesia Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. Institut Teknologi Nasional Malang.

Nurdiyanti, N. (2017). Pengembangan Buku Ajar Dan Augmented Reality Pada Konsep Sistem Ekskresi Di Sekolah Menengah Atas. Pascasarjana.

Pramono, H. D. (2018). Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Game Pengenalan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Berbasis Mobile. J-INTECH, 6(01), 166–172.

Prasetiyo, T. K., Setyosari, P., & Sihkabuden, S. (2018). Pengembangan Media Augmented Reality Untuk Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Di Sekolah Menengah Kejuruan. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(1), 37–46.

Rajmah, M. A.-G., Adrian, M., & Sanjaya, M. B. (2017). Aplikasi Alchemist Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android Untuk Pembelajaran Kimia Sma. Eproceedings Of Applied Science, 3(3).

Rasyid, M., Azis, A., & Saleh, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Dalam Konsep Sistem Indera Pada Siswa Kelas Xi Sma. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 69–80. Https://Doi.Org/10.17977/Jpb.V7i2.722

Romadhon, E. N., Anra, H., & Pratiwi, H. S. (2017). Penerapan Augmented Reality Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Sel Penyusun Jaringan Pada Sistem Gerak Dalam Mata Pelajaran Biologi (Studi Kasus: SMA Negeri 7 Pontianak). JUSTIN (Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi), 5(2), 89–92.

Sagala, S. (2010). Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Saidin, N. F., Halim, N. D. A., & Yahaya, N. (2015). A Review Of Research On Augmented Reality In Education: Advantages And Applications. International Education Studies, 8(13), 1–8. Https://Doi.Org/10.5539/Ies.V8n13p1

Salawati, T., & Indrawati, N. D. (2015). Tahap Analisis Untuk Pengembangan “ASETARO” Komik Pendidikan Kesehatan Untuk Anak Tentang Bahaya Merokok. PROSIDING SEMINAR NASIONAL & INTERNASIONAL.

Saputri, D. S. C. (2017). Penggunaan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Dan Hasil Belajar. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 6(1), 1357–1366.

Sugih, A., Suryo, P., Wibowo, A., & Orisa, M. T. M. (N.D.). Augmented Reality Senyawa Kimia Sebagai Media Pembelajaran Bagi Siswa Sma. 1–8.

Utomo, D. S., Arwani, I., & Wardhono, W. S. (2017). Implementasi Mobile Augmented Reality Pada Aplikasi Pemilihan Sarana Dan Prasarana Laboratorium Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer E-ISSN, 2548, 964X.

Wahyudi, A. K. (N.D.). Arca , Pengembangan Buku Interaktif Berbasis Augmented Reality Dengan Smartphone Android. 3(2), 96–102.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.2857

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Regie Wisnu Pradana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.