PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU FARA’ID

Naylur Rosyid, Eha Suhayati

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran dan latar belakang pendidikan siswa terhadap hasil belajar fara’id. Penelitian ini menemukan: (1)belajar dengan Slideshow Lebih baik dibandingkan belajar dengan Video; (2) latar belakang MTs lebih baik dibandingkan latar belakang SMP; (3)terdapat interaksi media pembelajaran dengan latar belakang pendidikan; (4)latar belakang MTs yang belajar dengan video lebih tinggi dibandingkan yang belajar dengan Slideshow; (5)latar belakang SMP yang belajar dengan video lebih rendah dibandingkan yang belajar dengan Slideshow; (6) penggunaan video pada siswa berlatar belakang MTs lebih tinggi dibandingkan berlatar belakang SMP; (7) penggunaan Slideshow pada siswa berlatar belakang MTs lebih rendah dibandingkan berlatar belakang SMP.


Keywords


Media Pembelajaran; Hasil Belajar; Ilmu Fara'id

References


Anderson, Lorin W., and David R. Krathwohl. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessin. New York: Addison Weslay Logman, Inc., 2001.

Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007.

Ash Shiddiqy, Muhammad Habsi, Fiqih Mawaris, Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2010.

Asnawir dan Basyiruddin Umar, Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Daryanto, Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa, 2010.

Desmita. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya , 2008.

Heinict, Robert, Michael Molenda dan James D. Russell, Interactional Media and Thecnologies for Learning, Seventh Edition. New York: Merrill Practice Hall, 2002.

Hergenhahn, B.R. and Matthew H. Olson, Theories of Learning Edisi ke lima Lomdon: Prentice Hall International1997.

Januszewski, Alan and Michael Molenda, Educational Technology; A Definition With Commentary. New York: Lawrence Erlbaum Associates, 2008.

Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 Tanggal 23 Mei 2006 Tentang Standar Isi.

M, Sardiman A., Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : CV. Rajawali, 1986.

O’neil, Wiliam F. Ideologi-Ideologi Pendidikan, Terjemahan: Omi Intan Naomi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar 2002

Sadiman, Arif S. et.al., Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Siddiqui, Mujibul Hasan. encyclopedia of Educational Technology. vol. 1. New Delhi: APH Publishing Corporation.

Siregar, Eveline dan Hartini Nara, Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor : Ghalia Indonesia, 2010.

Smaldino, Sharon E, Deborah L. Lowther, dan James D. Russel, Instructional Technology & Media For Learning - Teknologi Pembelajaran dan Media Untuk Belajar terjemahan Arif Rahman. Jakarta : Kencana, 2011.

Sujana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1990.

Suryabrata, Sumadi, Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers, 1991.

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Edisi Terbaru 2012. Bandung; Fokusindo Mandiri, 2012.

Wardani, Dani, Bermain Sambil Belajar. Jakarta: Edukasia, 2009.

Wikipedia.org. http://en.wikipedia.org/wiki/Slide_show. diakses pada 24 Desember 2012




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.2856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Naylur Rosyid, Eha Suhayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.