SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT LPPM IKIP MATARAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI RISET DOSEN INTERNAL

Fitri Astutik, Muzakkir Muzakkir

Abstract


Sistem informasi merupakan hal penting yang perlu dimiliki oleh lembaga, baik itu perusahaan-perusahaan maupun institusi pendidikan tinggi dalam mengolah data-data mereka. Seperti perancangan dalam penelitian ini yaitu pembuatan sistem infomasi manajemen pengelolaan data-data proposal penelitian dan pengabdian dosen IKIP Mataram. Karena selama ini penerimaan hibah penelitian dan pengabdian dosen IKIP Mataram masih dilakukan secara manual, untuk itu perlu dalam penelitian ini mengangkat judul melakukan pengambangan Sistem Informasi Manajemen Penelitian Dan Pengabdian Masyarkat Lppm Ikip Mataram Dalam Meningkatkan Motivasi Riset Dosen Internal, rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah sistem informasi manajemen penelitian dan pengabdian dapat meningkatkan motivasi riset dosen IKIP Mataram. Tujuannya adalah mempermudah proses pengusulan dan laporan penelitian dan pengabdian dosen IKIP Mataram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan fenomenologi yang memfokuskan untuk memperoleh jawaban atas pertanyaan mengapa? dan bagaimana?. Dengan metode studi kasus (case study). Sedangkan untuk pengembangan sistem informasi manajemen menggunakan metode RAD (Rapid Application Development), mulai dari pengamatan (Observasi), kepustakaan (Libarary Research) dan laboratorium (Laboratorium Research). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa produk berupa website SIM LPPM sudah bisa manfaatkan karena dari hasil observasi dan pengamatan bahwa (1) sistem mampu melakukan valiadsi terhadap penamaan username untuk masuk ke dalam aplikasi, (2) sistem mampu melakukan validasi akan password yang dimasukkan tidak sesuai maka login tidak akan berhasil, (3) sistem mampu melakukan valiadsi terhadap penamaan kategori proposal, Judul, Abstrak dan upload File Proposal untuk menyimpan ke dalam aplikasi, (4) sistem mampu melakukan edit, update, tambahkan revisi dan unapproved saat akan melakukan perbaikan isi proposal kembali dan dosen-dosen bisa memanfaatkan produk tersebut sehingga ada peningkatan motivasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bagi dosen IKIP Mataram.


Keywords


Sistem Informasi Manajemen Penelitian; Motivasi Riset Dosen

References


Achmad Solichin, 2010. Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL. Diakses di : achmatim.net/download/18/.

Anon Kuncoro Widigdo, 2003. Dasar Pemrograman PHP dan MySQL. Diakses di http://jatim.kemenag.go.id/file/file/Umum/yrlg1395823105.pdf.

Andrasto, Tatyantoro. 2013. Pengembangan Sistem Database Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen UNNES. Jurnal Teknik Elektro Vol. 5 No. 2 Juli - Desember 2013. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jte/article/view/3556. (Di akses 15/10/2019)

Fathul Wahid, 2004. Metodologi Penelitian Sistem Informasi: Sebuah Gambaran Umum. Media Informatika. 2 (1): 69-81.

Heribertus Ary Styadi, Agung Nugroho, 2010. Kolaborasi Sistem Informasi Dan Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menghasilkan Penilaian Sasaran Kerja Pegawai Bagi Dosen. Jurnal Unimus. Diakses di

http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/2299/2275

Mursyidah, Hari Toha Hidayat, 2017. Pengujian Sistem Informasi Akuntasi Biaya Operasional Sekolah Dengan Black Box Testing. Jurnal Infomedia.2 (2): 1-14.

Saipul Anwar, 2017. Sistem Informasi Elektronik Kuliah Kerja Nyata (E-KKN) Berbasis Web Service pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyaakat (LP2M) Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Intelektualita, 6 (2): 181188

Sukadarmika, Gede. Linawati1, Gusti M, ade Arya Sasmita, Nyoman Putra Sastra. 2014. Sistem Informasi Pengelolaan Proposal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Secara ON-LINE. Vol. 13 No. 2 Juli – Desember 2014.

https://ojs.unud.ac.id/index.php/JTE/article/view/18859 (Di akses 15/10/2019)

Yanuardi. Arief Jananto. 2005. Rancang Bangun Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK Volume X, No. 2, Mei 2005 : 84-95 ISSN : 0854-9524. https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti1/article/view/15 (Di akses 15/10/2019)




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.2855

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fitri Astutik, Muzakkir Muzakkir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.