PENERAPAN BAHAN AJAR AUDIO UNTUK ANAK TUNANETRA TINGKAT SMP DI INDONESIA

Agnes Praptaningrum

Abstract


Tunanetra adalah orang yang tidak dapat melihat (buta total) dan dapat melihat hanya melihat cahaya (kurang awas).  Keterbatasan dalam melihat dapat dibantu dengan media audio yang menekankan pada pedengaran. Media ini cocok karena anak tunanetra memiliki pendengaran yang sangat tajam apabila dilatih terus menerus. Pendengaran yang sangat tajam ini dapat dimanfaat untuk pembelajaran dengan menggunkan media audio. Siswa SMP tunanetra memiliki kosentrasi yang lebih tinggi daripada anak SD jadi media ini akan cocok bila dijadikan media pada siswa SMP. Media ini akan mempermudah pembelajaran pada siswa SMP tunanetra dalam melakukan pembelajaran dan menerima materi.Audio Tujuan artikel adalah mengetahui kelayakan dan efektivitas pada penerapan media audio sebagai bahan ajar siswa tunanetra tingkat SMP.  Penelitian ini menggunakan sempeling dari artikel-artikel sebelumnya yang terkait dengan judul penelitian ini. Dari hasil kegiatan telaah artikel-artikel sebelumnya  menyebutkan bahwa dengan menggunakan media audio siswa tunanetra lebih termotivasi dan dapat mudah memahami pembelajaran, serta dapat belajar dan membayangkan suara yang didengar dengan audio sehingga siswa tunanetra dapat lebih memahami materi yang disampaikan.

Keywords


Media Auido, Siswa Tunanetra, Bahan ajar

References


Badiah, L. I. (2016). Keefektifan Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Modul Audio Interaktif Mengenal Bagian Akar Dan Fungsinya Untuk Siswa Tunanetra Kelas IV DI SLB YPAB Surabaya. HELPER: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 32(2).

Budiarso, A. S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Metode Hypnoteaching Untuk Memotivasi Siswa SMP Dalam Belajar IPA Pada Materi Energi Terbarukan. Jurnal Pena Sains, 3(2), 132–141.

Camalia, F. (2016). Pengembangan Audiobook Dilengkapi Alat Peraga Materi Getaran Dan Gelombang Untuk Tunanetra Kelas VIII SMP. Universitas Negeri Semarang.

Dariyati, I. G. A., Marhaeni, D. R. A. A. I. N. G. R., & Widiartini, D. R. N. I. K. (2015). Pengaruh Pembelajaran Praktik Berbantuan Media Audio Terhadap Kemampuan Motorik Dan Motivasi Belajar Siswa Smp Di Slb A Negeri Denpasar. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 5(1).

Delani, R. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Audio “Solusi Pintar Jelas Dan Mudah”(Splash) Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Tunanetra Di Mtslb Yaketunis Yogyakarta. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 6(2), 168–175.

Fansury, A. H., Lutfin, N., & Arsyad, S. N. (2019). Audio Books as Teaching Media to Blind Students in Learning EFL. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 1(1), 1–9.

Fatihatul, R., & Budiawanti, S. (2013). Pembuatan Media Pembelajaran Berupa Kit Percobaan Penentuan Percepatan Gravitasi Dengan Menggunakan Neraca Pegas Braille Untuk Siswa Tunanetra Kelas VIII. PROSIDING: Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika, 4(3).

Haryoko, S. (2012). Efektivitas pemanfaatan media audio-visual sebagai alternatif optimalisasi model pembelajaran. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1).

Hidayati, F., & Pribadi, T. A. (2014). Pengembangan Media Audio Characteristics Of Organism Song Education (Chosen) Pada Pembelajaran IPA Biologi Di SMPLB-A (Tunanetra). Journal of Biology Education, 3(2).

Hilmanaufar, D. M., Arti, D. W. K., & Failasufa, H. (2019). Pengaruh Metode Penyuluhan Audio Taktil Kesehatan Gigi Dan Mulut Terhadap Penurunan Indeks Plak Siswa Tunanetra di SLB Semarang. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus, 2.

Indrastuti, F. (2015). Efektifitas Media Pembelajaran Audio Melalui Cerita Pendidikan Berkarakter Untuk Tunanetra Jenjang Smp. Jurnal Rehabilitasi Dan Remediasi, 24(1).

Khamdun, K. (2015). Media Pembelajaran IPA Berbasis Alam Untuk Siswa Tunanetra Dalam Pendidikan Karakter. Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 2, 524–532.

Laksono, P. T. (2016). Musik sebagai media komunikasi antara orang tua dengan anak berkebutuhan khusus di yayasan tunanetra Bina Tuntas Siwalankerto. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Masruro, E. A., & Winarti, W. (2012). Pengembangan Modul IPA Fisika SMP Materi Suhu Untuk Siswa Tunanetra. PROSIDING: Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika, 3(5).

Moreno, A. I., Vermeulen, A., & Jordano, M. (2016). 21Using audio description to improve FLL students’ oral competence in MALL: methodological preliminaries. New Perspectives on Teaching and Working with Languages in the Digital Era, 245.

Mulyono, D. B. (n.d.). Model Bahan Ajar Bahasa Dan Sastra Indonesia Yang Ideal Dan Inovatif. Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya, 1(1).

Munif, A. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Audio Berbasis Inkuiri Berbantuan Alat Peraga Pada Materi Gerak Untuk Anak Tunanetra Kelas Vii Smp/Mts Lb. Universitas Negeri Semarang.

Nisain Prihnaharin, F. (2019). Pengembangan Media Audio Dengan Bahan Pelengkap Braille Materi Pantun Anak Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sdlb-A Ypab Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 9(2).

Priambodo, F. P. (2019). Meningkatkan kemampuan menulis tunanetra melalui penggunaan CBM (Curriculum Based Measurement). SKRIPSI Mahasiswa UM.

Sari, A. C., Fadillah, A. M., Jonathan, J., & Prabowo, M. R. D. (2019). Interactive Gamification Learning Media Application For Blind Children Using Android Smartphone in Indonesia. Procedia Computer Science, 157, 589–595.

Satrio, B. Y. D. (2016). Modul Kimia Berbasis EPUB Untuk Siswa Tunanetra: Materi Larutan Elektrolit Dan Non-Elektrolit. Inklusi, 3(1), 87–100.

Silayusa, N. P., DANTES, D. R. N., & SUARNI, D. R. N. I. K. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Media Audio Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar IPS Siswa SMALB di SLB A Negeri Denpasar. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 5(1).

Sulfemi, W. B. (2019). Penggunaan Metode Demontrasi Dan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ips.

Tirta, T., Susanto, S., & Kristiani, A. I. (2013). Pengembangan Alat Peraga Matematika Berbasis Audio Pada Pokok Bahasan Keliling Dan Luas Segitiga Untuk Siswa Tunanetra Smplb Tpa Jember. KadikmA, 4(1).

Ulya, E. (2014). Efektivitas Media Booklet Braille Dalam Meningkatkan Pengetahuan Gizi Pada Anak Tunanetra. Unnes Journal of Public Health, 3(4).

Undang-Undang, R. I. (2003). No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 9.

Wicaksono, R. B. (2016). Pengembangan Perangkat Media Audio Peta Timbul (Peradiotim) Materi Bentuk Muka Bumi Bagi Siswa Tunanetra Di Mtslb-A Yaketunis Yogyakarta. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 5(4).

Widiyaningsih, T. (2017). Pengembangan Alat Peraga Tata Surya Berbantuan Audio Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Tunanetra Smp Lb Kelas VIII. Universitas Negeri Semarang.

Widyastuti, R. (2016). Pola Interaksi Guru dan Siswa Tunanetra. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 257–266.

Wijaya, E. M. (2016). Pengembangan bahan ajar SKI berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di MTs An-Nur Bululawang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.2849

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Agnes Praptaningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.