EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Sri Wahyuni, Hastuti Diah Ikawati, Wiwien Kurniawati

Abstract


Matematika merupakan pelajaran yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan alam yang didapat dengan berpikir. Pendidikan matematika harus bisa mengkomunikasikan pengetahuannya. Mengajak peserta didik untuk aktif dan kreatif dalam pelajaran serta dapat berintraksi dengan semua peserta didik, agar tercapainya tujuan pembelajaran. Kesulitan peserta didik untuk mengungkapkan ide-ide ataupun gagagsan suatu pendapat. Kurangnya model pembelajaran yang menarik, aktif, dan inofativ membuat peserta didik kurang mampu dalam menyelesaikan soal-soal dan kurang aktif didalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Model Pmbelajaran Open Ended Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Matematika yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran open ended. Penelitian ini merupakan penelitian Studi Populasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Shirothol Mustaqim. Dengan jumlah populasi 40 peserta didik. Dalam penelitian ini tidak menarik sampel karena jumlah subyek yang diteliti relatif sedikit. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang terdiri dari 20 item pernyataan. Teknik analisis data menggunakan uji chi square melalui porogram SPSS. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian di peroleh hasil analisis chisquare hitung sebesar 28.585 dan nilai chi square tabel dengan taraf signitifikansi 5% dan db = 4 dengan niali sebesar 9.48. ( 𝑥 ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔228.585 > 𝑥 𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙29.487). Penulis menyarankan kepada guru agar menciptakan suasana belajar yang aktif, kreatif, dan menyenangkan agar motivasi belajar peserta didik dapat meningkat.

Keywords


Open Ended, Motivasi

Full Text:

PDF

References


Huda, M. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ngalimun, dkk. 2016. Strategi Dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.Yogyakarta.

Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sardiman, A. M. 2016.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. 2011, Metodologi penelitian. Jakarta: CV Hadimas Agung.

Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v4i1.2258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sri Wahyuni, Hastuti Diah Ikawati, Wiwien Kurniawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.