PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN OTENTIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR

Restu Wibawa, Diah Lukitasari

Abstract


Permasalahan yang terjadi di lapangan yaitu pembelajaran yang diterapkan oleh guru kurang bervariasi, yaitu hanya menggunakan metode ceramah,diskusi, danitukurang mendukung dalam proses pembelajaran dalam mata pelajaran khususnya IPS.guru juga kebanyakan hanya menjelaskan teori di dalam kelas dan kurang melakukan praktik sehingga menyebabkan siswa kurang mampu mengeksplorasikan sehingga motivasi belajar siswa kurang.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiPengaruh Penggunaan Model pembelajaran Otentik ( Autentic Learning ) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Di SMPNegeri 3 Terara Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2018/2019”.Populasi dalam penelitian ini adalah: siswa kelas VIIdi SMPN 3 Terara.Instrumen dalam penelitian ini digunakan untuk mengumpulkan data.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket sebagai metode pokok sedangkan dokumentasi, dan observasi sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data menggunakan analisis data statistik dengan rumus chi square.Kenyataan ini menunjukkan bahwa nilai chi square hitung lebih besar dari pada nilai chi square tabel (5,116 >3,841), karena 𝑥2 hitung lebih besar dari 𝑥2 tabel, maka penelitian ini dikatakan signifikan. Hal ini berarti bahwa hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: Ada Pengaruh Model PembelajaranOtentik ( Autentic Learning ) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di SMPN 3Terara Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2018/2019.

Keywords


Model Pembelajaran Otentik ( Autentic Learning), Motivasi belajar.

Full Text:

PDF

References


Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hamdani. 2011. 17. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Husna. (2013). “Pengertian Model Pembelajaran Jigsaw”. www.indonesiastudents.com September 2008

Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum Dan Pembelajaran. Cetakan Ke-13. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Huda, Miftahul. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hamdani. 2011. 92. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia

IKIP Mataram. 2011. Pedoman Pembimbingan Dan Penulisan Karya Ilmiah. Mataram.

Kharuman & Siti Nurhidayati. 2015. Trik-Trik Mengajar. Mataram: Fakultas Pendidikan Matematika Dan IPA IKIP Mataram.

Margono. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta

Pardamean, Toto. 2011. Model Pembelajaran Untuk Efisiensi Dan Efektivitas Pembelajaran(Online).Tersedia:Http://Edukasi.Kompasiana.Com/2011/09/20/Model-Pembelajaran-Untuk-Efisiensi-Dan-Efektivitas-Pembelajaran/

Rusman. (2008). “Pengertian Model Pembelajaran Jigsaw”.. www.indonesiastudents.com September 2008




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v4i1.2257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Restu Wibawa, Diah Lukitasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.