PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN STORYBOARD TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISIWA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA
Abstract
Hasil Belajar di SMPN 1 Janapria masih dikatakan sangat rendah di sebabkan oleh proses
pembelajaran yang di gunakan oleh guru-guru di sekolah masih konversional seperti dalam
pelaksanaan proses pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah dan hanya menerangkan
dan menulis di papan, guru lebih aktif dalam proses pembelajaran, sehingga menyebabkan hasil belajar
yang rendah terutama di mata pelajaran Seni budaya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran storyboard terhadap kreativitas belajar siswa
pada mata pelajaran seni budaya kelas VII SMPN 1 Janapria kabupaten Lombok tengah tahun
pelajaran 2019/2020. Metodde penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan
menggunakan pendekatan eksperimen adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
VII SMPN 1 Janapria dan sampelnya adalah 25 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan
Angket sebagai metode pokok, sedangkan dokumentasi dan observasi sebagai metode pelengkap.
Selanjujtnya metode analisis data menggunakan rumus Chi-squere hasil menunjukan bahwa nilai thitung lebih besar daripada t-tabel pada taraf signifikasi 5% = 9,488 dengan demikian bahwa nilai chi
square analisis lebih besar dari pada nilai chi square tabel (11,762>9,488).ArtinyaHipotesis (Ha)
diterimadanhipotesis (Ho) di tolak.Jadi kesimpulannya yaitu Ada Pengaruh Penggunaan Media
Pembelajaran Media Storyboard Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya
Kelas VII SMPN 1 Janapria Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020, jadi hasil
penelitian ini dinyatakan Signifikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Budiarti. 2015. Hubungan Tingkat
Pengetahuan Ibu Tentang
Kesehatan Reproduksi
Remaja Dengan Kesiapan
Anak Menghadapi Masa
Pubertas. Vol. IV. No. 01
April 2015.
Dhimas.2013. Teknologi Microsoft
Kinect. 23 September
Diartono,D. A. 2013. Media
Pembelajaran Desain
Grafis Menggunakan
Photoshop Berbasis
Multimedia. Vol.8, NO 2.
Semarang.
Fadilah, Nur. 2017. Aktivitas Produksi
Kapitalis Dalam Perspektif
Ekonomi Islam,JurnalAnnisbah, Vol. 04, No.01
Juni 2017.
Jawwad, A. A. 2010. Mengembangkan
Inofasi Dan Kreatifitas
Berfikir. Bandung:
SyamilCipta Media
Munandar, Utami. 2015. Kreatifitas
Dan Keberbakatan
Strategi Mewujudkan
Potensi Kreatifitas.
Jakarta: Grafindo Pustaka
Utara
Munandar, Rogers. 2009.
Pengembangan Kreativitas
Anak Berbakat. Jakarta:
Rineka Cipta.
Prawiradilaga, Dewi. 2012. Wawasan
Teknologi Pendidikan.
Jakarta: Kencana Prenada
Media Group.
Rahardja, Untung. 2010. E-Learning
EffektivinesIn A
Develoving Country. 2010
Suharsimi. 2010. Prosedur Suatu
Pendekatan Praktek.
Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian
Pendidikan. Bandung:
Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian
Kombinasi (Mix Methods). Bandung:
Alfabeta.
Susanto. 2016. Teori Belajar Dan
Pembelajaran. Jakarta:
Prenada Media Group.
DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v4i2.2249
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Rani Winarni, Endah Resnandari Puji Astuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN: 2656-1417 (Online)
ISSN: 2503-0620 (Print)
Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.