PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN STORYBOARD TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISIWA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA

Rani Winarni, Endah Resnandari Puji Astuti

Abstract


Hasil Belajar di SMPN 1 Janapria masih dikatakan sangat rendah di sebabkan oleh proses
pembelajaran yang di gunakan oleh guru-guru di sekolah masih konversional seperti dalam
pelaksanaan proses pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah dan hanya menerangkan
dan menulis di papan, guru lebih aktif dalam proses pembelajaran, sehingga menyebabkan hasil belajar
yang rendah terutama di mata pelajaran Seni budaya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran storyboard terhadap kreativitas belajar siswa
pada mata pelajaran seni budaya kelas VII SMPN 1 Janapria kabupaten Lombok tengah tahun
pelajaran 2019/2020. Metodde penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan
menggunakan pendekatan eksperimen adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
VII SMPN 1 Janapria dan sampelnya adalah 25 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan
Angket sebagai metode pokok, sedangkan dokumentasi dan observasi sebagai metode pelengkap.
Selanjujtnya metode analisis data menggunakan rumus Chi-squere hasil menunjukan bahwa nilai thitung lebih besar daripada t-tabel pada taraf signifikasi 5% = 9,488 dengan demikian bahwa nilai chi
square analisis lebih besar dari pada nilai chi square tabel (11,762>9,488).ArtinyaHipotesis (Ha)
diterimadanhipotesis (Ho) di tolak.Jadi kesimpulannya yaitu Ada Pengaruh Penggunaan Media
Pembelajaran Media Storyboard Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya
Kelas VII SMPN 1 Janapria Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020, jadi hasil
penelitian ini dinyatakan Signifikan.


Keywords


Media Pembelajaran Storyboard, Kreativitas Belajar

Full Text:

PDF

References


Budiarti. 2015. Hubungan Tingkat

Pengetahuan Ibu Tentang

Kesehatan Reproduksi

Remaja Dengan Kesiapan

Anak Menghadapi Masa

Pubertas. Vol. IV. No. 01

April 2015.

Dhimas.2013. Teknologi Microsoft

Kinect. 23 September

Diartono,D. A. 2013. Media

Pembelajaran Desain

Grafis Menggunakan

Photoshop Berbasis

Multimedia. Vol.8, NO 2.

Semarang.

Fadilah, Nur. 2017. Aktivitas Produksi

Kapitalis Dalam Perspektif

Ekonomi Islam,JurnalAnnisbah, Vol. 04, No.01

Juni 2017.

Jawwad, A. A. 2010. Mengembangkan

Inofasi Dan Kreatifitas

Berfikir. Bandung:

SyamilCipta Media

Munandar, Utami. 2015. Kreatifitas

Dan Keberbakatan

Strategi Mewujudkan

Potensi Kreatifitas.

Jakarta: Grafindo Pustaka

Utara

Munandar, Rogers. 2009.

Pengembangan Kreativitas

Anak Berbakat. Jakarta:

Rineka Cipta.

Prawiradilaga, Dewi. 2012. Wawasan

Teknologi Pendidikan.

Jakarta: Kencana Prenada

Media Group.

Rahardja, Untung. 2010. E-Learning

EffektivinesIn A

Develoving Country. 2010

Suharsimi. 2010. Prosedur Suatu

Pendekatan Praktek.

Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian

Pendidikan. Bandung:

Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian

Kombinasi (Mix Methods). Bandung:

Alfabeta.

Susanto. 2016. Teori Belajar Dan

Pembelajaran. Jakarta:

Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v4i2.2249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rani Winarni, Endah Resnandari Puji Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.