IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG MELALUI PRAKTIKUM OLAHAN TAPE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN BIOTEKNOLOGI
Abstract
Tujuan utama dari penelitian tindakan ini adalah untuk meningkatkan Aktivitas dan Prestasi
Belajar di kelas dimana guru secara penuh terlibat dalam penelitian mulai dari perencanaan, tindakan,
pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), karena
penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Penelitian ini juga termasuk
penelitian deskriptif, sebab menggambarkan suatu teknik pembelajaran diterapkan dan bagaimana hasil
yang diinginkan dapat dicapai. Dari data Observasi didapatkan hasil siklus I dengan rata-rata 48,6 %
dan pada siklus ke II didapatkan dengan nilai rata – rata 82,5 %. Sedangkan hasil evaluasi pada siklus
ke I didapatkan hasil evaluasi dengan nilai rata – rata 65.5 sedangkan hasil evaluasi pada siklus ke II
didapatkan nilai rata-rata 87,45 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus ke I peserta didik
masih dinyatakan tidak aktif dalam menjalani proses pembelajaran, yang ditunjukkan juga dengan
hasil evaluasi yang masih jauh dari katagori Baik. Sedangkan pada siklus ke II peserta didik
dinyatakan aktif dalam melaksanakan proses pembelajaran yang ditunjukkan juga pada hasil
pembelajaran yang meningkat . dan dinyatakan dengan kreteria dengan kategori Baik. Sehingga dapat
ditarik kesimpulan bahwa penelitian ini dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A.M, Sardiman. 2003. Interaksi dan
Motivasi Belajar Mengajar.
PTRaja Grafindo Persada.
Jakarta.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar
dan Pembelajaran. Jakarta:
Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan
Zain. 2006. Strategi Belajar
Mengajar. Jakarta: PT. Rineka
Cipta.
Kardi, S dan Nur, M. 2000. Pengajaran
Langsung. Dalam Trianto,.
Mendesain Model
Pembelajaran InovatifProgresif. Jakarta : Kencana.
Kemmis, S. dan Mc. Taggart, R. 1988.
The Action Research Planner.
Victoria Dearcin University
Press.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar
Mengajar. Jakarta : Bumi
Aksara.
Slameto. 2003. Belajar dan FaktorFaktor yang
Mempengaruhinya. Jakarta:
PT.Rineka Cipta.
Winkel, W. S. 2004. Psikologi
Pendidikan dan Evaluasi
Belajar. Jakarta: PT. Gramedia
Pustaka Utama.
DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v4i2.2247
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Lilik Handayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN: 2656-1417 (Online)
ISSN: 2503-0620 (Print)
Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.