PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MNEMONIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Abstract
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajarn bahasa indonesia kelas VII di SMPN 15 Pujut Kabupaten
Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah metode eksperimen adapun
populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 15 Pujut yang berjumlah 20 orang
siswa. Langkah-langkah pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode tes
sebagai metode pokok, sedangkan dokumentasi dan observasi sebagai metode pelengkap. Selanjutnya
metode analisis data menggunakan rumus t-test. Hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai t-hitung lebih besar
dari t-tabel pada taraf signifikansi 5% yakni (8,69 > 2,131). Artinya hipotesis nol (Ho) ditolak dan
hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model
pembelajaran mnemonik terhadap hasil belajar siswa kelas VII Pada mata pelajaran bahasa indonesia di
SMPN 15 Pujut tahun pelajaran 2019/2020, maka hasil penelitian ini dinyatakan Signifikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur
penelitian suatu pendekatan
praktek. Jakarta: PT Rineka
Cipta.
Miarso. 2011. Menyamai Benih
Teknologi Pendidikan. Jakarta:
Kencana
Rosdiana. (2013). Model Pembelajaran
Langsung Dalam Pendidikan
Jasmani Dan Kesehatan.
Bandung : Alfabeta.
Sugiyono, (2012). Metode Penelitian
Kuantitatif Kualitatif dan
R&D. Bandung: Alfabeta.
________, (2015). Metode Penelitian
Kombinasi (Mix Methods).
Bandung: Alfabeta.
________, (2017). Metode Penelitian
Interaktif, Kualitatif, dan RAD,
Bandung: Alfabeta.
DAFTAR PUSTAKA
DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v4i2.2246
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Juniah Juniah, Zinnurain Zinnurain

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN: 2656-1417 (Online)
ISSN: 2503-0620 (Print)
Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.