PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS VIDEO TUTORIAL PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS

Ary Purmadi, Diah Lukitasari

Abstract


Salah satu cara yang dilakukan untuk mengubah budaya konsumtif menjadi produktif ini
yakni mengedukasi masyarakat untuk berwirausaha sejak dini. Dampak yang ditimbulkan pastinya
sangat baik karena dapat mengantisipasi merebaknya pengangguran selepas menempuh pendidikan di
setiap jenjang. Pemberian softskill yang tepat sejak dini akan meningkatkan keterampilan dan inovasi
peserta didik dalam berwirausaha. Menjadi wirausahawan sejak dini secara tidak langsung
mengedukasi peserta didik untuk mandiri dan menghargai proses yang dilakukan selama usaha
tersebut dijalankan. Tujuan penelitian ini menghasilkan produk berupa bahan ajar berbasis video
tutorial yang layak (uji ahli) untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran
Prakarya dan kewirausahaan. Metode penelitian ini termasuk kedalam metode Research And
Development (R & D). Hasil penelitian uji kelayakan pada ahli materi yang terdapat pada tabel 1.,
dapat dijelaskan perolehan rerata 3,93 dari ahli materi tegolong “baik. Sementara hasil uji kelayakan
pada ahli media yang terdapat pada tabel 2., dapat dijelaskan perolehan rerata 3,67 dari ahli materi
tegolong “baik”. Sedangkan data angket yang disebarkan kepada 3 orang peserta didik terhadap
beberapa aspek yang terdapat pada angket, dapat jelaskan bahwa bahwa penilaian peserta didik
diperoleh rerata 4,3 (kategori “ sangat baik”). Berdasarkan hasil penelitian tentang uji kelayakan pada
bahan ajar berbasis video tutorial ini maka dapat disimpulkan bahwa media ini telah layak digunakan
untuk pembelajaran di kelas.


Keywords


Bahan Ajar, Video Tutorial, Mata Pelajaran Kewirausahaan

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2008). Panduan

Pengembangan Bahan Ajar dan

Media. Jakarta. Dirjen

Manajemen Pendidikan dasar

dan Menengah.

Krismanto, D.A (2014).

Pengembangan Media

Pembelajaran Berbasis Video

Tutorial Gerak Dasar Tenis

Lapangan Untuk Anak Tingkat

Sekolah Dasar Di Sekolah

Tenis Kabupaten

Temanggung..Skripsi.

Universitas Negeri Yogyakarta

Mehisto, Peteer (2012). Criteria for

Producing clil learning

material. Journal of Encuentro.

15-33

Prastowo, Andi (2011). Panduan

Kreatif membuat bahan Ajar

Inovatif. Yogyakarta: DIVA

Press

Purmadi, Ary. Surjono, H., D. 2016.

Pengembangan Bahan Ajar

Berbasis Web Berdasarkan

Gaya Belajar Siswa Untuk

Mata Pelajaran Fisika. Jurnal

Inovasi Teknologi Pendidikan

Volume 3 (2) hal 151-165.

Sudijono. (2011). Pengantar Evaluasi

Pendidikan. Jakarta: Raja

Grafindo Persada

Sukmadinata, Nana Syaodih, (2006).

Metode Penelitian Pendidikan.

Bandung: PT.Remaja

Rosdakarya,cet kedua.

Werdhaningsih, H.dkk (2014). Buku

Guru: Prakarya dan

Kewirausahaan.

Jakarta:Kementrian Pendidikan

dan Kebudayaan.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v4i2.2243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ary Purmadi, Diah Lukitasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.