PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS VIDEO TUTORIAL PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS
Abstract
yakni mengedukasi masyarakat untuk berwirausaha sejak dini. Dampak yang ditimbulkan pastinya
sangat baik karena dapat mengantisipasi merebaknya pengangguran selepas menempuh pendidikan di
setiap jenjang. Pemberian softskill yang tepat sejak dini akan meningkatkan keterampilan dan inovasi
peserta didik dalam berwirausaha. Menjadi wirausahawan sejak dini secara tidak langsung
mengedukasi peserta didik untuk mandiri dan menghargai proses yang dilakukan selama usaha
tersebut dijalankan. Tujuan penelitian ini menghasilkan produk berupa bahan ajar berbasis video
tutorial yang layak (uji ahli) untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran
Prakarya dan kewirausahaan. Metode penelitian ini termasuk kedalam metode Research And
Development (R & D). Hasil penelitian uji kelayakan pada ahli materi yang terdapat pada tabel 1.,
dapat dijelaskan perolehan rerata 3,93 dari ahli materi tegolong “baik. Sementara hasil uji kelayakan
pada ahli media yang terdapat pada tabel 2., dapat dijelaskan perolehan rerata 3,67 dari ahli materi
tegolong “baik”. Sedangkan data angket yang disebarkan kepada 3 orang peserta didik terhadap
beberapa aspek yang terdapat pada angket, dapat jelaskan bahwa bahwa penilaian peserta didik
diperoleh rerata 4,3 (kategori “ sangat baik”). Berdasarkan hasil penelitian tentang uji kelayakan pada
bahan ajar berbasis video tutorial ini maka dapat disimpulkan bahwa media ini telah layak digunakan
untuk pembelajaran di kelas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. (2008). Panduan
Pengembangan Bahan Ajar dan
Media. Jakarta. Dirjen
Manajemen Pendidikan dasar
dan Menengah.
Krismanto, D.A (2014).
Pengembangan Media
Pembelajaran Berbasis Video
Tutorial Gerak Dasar Tenis
Lapangan Untuk Anak Tingkat
Sekolah Dasar Di Sekolah
Tenis Kabupaten
Temanggung..Skripsi.
Universitas Negeri Yogyakarta
Mehisto, Peteer (2012). Criteria for
Producing clil learning
material. Journal of Encuentro.
15-33
Prastowo, Andi (2011). Panduan
Kreatif membuat bahan Ajar
Inovatif. Yogyakarta: DIVA
Press
Purmadi, Ary. Surjono, H., D. 2016.
Pengembangan Bahan Ajar
Berbasis Web Berdasarkan
Gaya Belajar Siswa Untuk
Mata Pelajaran Fisika. Jurnal
Inovasi Teknologi Pendidikan
Volume 3 (2) hal 151-165.
Sudijono. (2011). Pengantar Evaluasi
Pendidikan. Jakarta: Raja
Grafindo Persada
Sukmadinata, Nana Syaodih, (2006).
Metode Penelitian Pendidikan.
Bandung: PT.Remaja
Rosdakarya,cet kedua.
Werdhaningsih, H.dkk (2014). Buku
Guru: Prakarya dan
Kewirausahaan.
Jakarta:Kementrian Pendidikan
dan Kebudayaan.
DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v4i2.2243
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ary Purmadi, Diah Lukitasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN: 2656-1417 (Online)
ISSN: 2503-0620 (Print)
Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.