The Effect of Applying Role Playing Model to Improve Indonesian Language Learning Outcomes Class IV SD Negeri 1 Metro Pusat
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. 2020. Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35-44.
Anggito, A. & Johan, S. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak, Sukabumi.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ariwitari, R. & Kritiantari R. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbantu Media Audio Visual Terhadap Hasil Beajar PKN Kelas V SD Gugus I Tampaksiring. Jurnal Mimbar PGSD Univeristas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1-10.
Astuti, S. dkk. 2022. Penerapan Model Role Playing pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 2 Rantau Bingin. Jurnal Language education and literature, 2(2), 35-46.
Cahyani, A. R. dkk. 2020. Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Pada Siswa Kelas IV SDN Kejayan 01 Bondowoso. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 51-67.
Dubeck, M. M., & Gove, A. (2015). The early grade reading assessment (EGRA): Its theoretical foundation, purpose, and limitations. International Journal of Educational Development, 40, 315–322. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2014.11.004
Hartati, T., & Cuhariah, Y. (2018). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Bandung: UPI Press.
Hasanah, A., & Lena, M. S. (2021). Analisis kemampuan membaca permulaan dan kesulitan yang dihadapi siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3297–3307. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/526/pdf
Margono. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan. PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Nasution. 2020. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara, Jakarta.
Priatna, A., & Setyarini, G. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 147-159.
Rinawati, A., Mirnawati, L. B., & Setiawan, F. (2020). Analisis hubungan keterampilan membaca dengan keterampilan menulis siswa sekolah dasar. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 4(2), 85–96. https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.343
Sari, C. P. (2018). Faktor-faktor penyebab rendahnya minat membaca siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(32), 3128–3137. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/pgsd/article/viewFile/13875/13400
Setyowati, D. dkk. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SDN Asemrowo II. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 12-24.
Silvia, S., Pebriana, P. H., & Sumianto, S. (2021). Penerapan metode silaba untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 3(1), 7–12. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i2.1336
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, A. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SDN 013 Lubuk Kembang Sari Kecamatan Ukui. Jurnal Primary Program Study PGSD FKIP Universitas Riau, 5(3), 102-112.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Prenada Media Group, Jakarta.
Wardiyati, H. (2019). Penerapan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas rendah di sekolah dasar. JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 3(6), 1083–1091.
DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v10i2.15208
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Firada Khasbullah, Herpratiwi, Rangga Firdaus, Fizzaria Khasbullah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN: 2656-1417 (Online)
ISSN: 2503-0620 (Print)
Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: jtp@undikma.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.