Development Of Android-Based PAKIS Learning Media In Class X TKJ History Learning
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Afwan, B., Suryani, N., & Ardianto, D. T. (2020). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Sejarah Di Era Digital. Proceding Literasi Dalam Pendidikan Di Era Digital Untuk Generasi Milenial, 1(1), 9.
Anjarani, A. S., Mulyadiprana, A., & Respati, R. (2020). Fun Thikers sebagai Media Pembelajaran untuk Peserta didik Sekolah Dasar : Kajian Hipotetik. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 100–111. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.26466
Fayrus, & Slamet, A. (2022). Model Penelitian Pengembangan (R n D).
Ferdiansyah, H., Haling, A., & Nurhikmah H. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(2), 148–155. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i2.879
Firdaus, A. F., Maryuni, Y., & Nurhasanah, A. (2021). Pengembangan Infografis Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Sejarah (Materi Sejarah Revolusi Indonesia). Jurnal Pendidikan Dan Sejarah E, 7(1), 2477–8241.
Hasan Basri, M., & Al-Asasiyya, ). (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Montase Berbentuk Flip Chart Dengan Menggunakan Strategi Story telling Bagi Peserta didik Sekolah Dasar. Journal Basic of Education (AJBE), 7(1), 33–45.
Husniyah, R., Widiatsih, A., Fajarisman, F., Kunrozazi, K., & Kurniawan, N. (2022). Pengembangan Website Menggunakan Google Sites Materi Produksi Pada Tumbuhan Dan Hewan Untuk Smp/Mts Pada Masa Pademi Covid 19. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 6(1), 47–58. https://doi.org/10.31537/ej.v6i1.616
Irma Sofiasyari, Isna Amanaturrakhmah, & Aan Yuliyanto. (2023). Kepraktisan Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1789–1798. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7542
Istighfarini, M. D., Supeno, S., & Ridlo, Z. R. (2022). Pengaruh Media Aplikasi Berbasis Android Terhadap Literasi Sains Dan Hasil Belajar Ipa Peserta didik Smp. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(1), 61–70. https://doi.org/10.24929/lensa.v12i1.221
Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060
Orlando, F., Mawardi, V. C., & Lie, N. N. (2023). Sosialisasi Aplikasi Chatbot Berbasis Android Untuk Guru SD Immanuel Jakarta. Inovasi Teknologi Masyarakat (INTEKMAS), 1(1), 15–23. https://doi.org/10.53622/intekmas.v1i1.193
Pagarra H & Syawaludin, D. (2022). Media Pembelajaran. In Badan Penerbit UNM.
S.A.C, R. A., & Widodo, T. (2021). Rancang Bangun Game Animalia Untuk Pembelajaran Anak Usia 6 Sampai 10 Tahun Berbasis Android Menggunakan Construct 2. Jurnal Dunia Ilmu, 1(1), 1–11.
Saleh & Syahruddin, D. (2023). Media Pembelajaran. 1–77.
Septy Nurfahillah, M. Pd. (2021). Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran (R. Awathita, Ed.; Resa Awahi). CV Jejak.
Shoffan S, dkk. (2021). Perkembangan Media Pembelajaran di Perguruan Tinggi (Issue February).
Sukarelawa, M. I., Pd, M., Toni, K., Indratno, M., Pd, S., Suci, M., Ayu, S., & Km, M. P. H. (2024). N-Gain vs Stacking.
Syamsunir, ), Ruslan, ), & Pattaufi, ). (2020). Pengembangan Video Tutorial Pembelajaran Mata Kuliah Produksi Media Audio Video.
Tri Wulandari, & Adam Mudinillah. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245
Ummah, M. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Title. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.
DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v10i2.15133
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Muhammad Nur Khalif Sukarto, Handy Ferdiansyah, Syamsunir Syamsunir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN: 2656-1417 (Online)
ISSN: 2503-0620 (Print)
Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.