UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN ALAT PERAGA (ABP) DAN METODE PEMBELAJARAN YANG BERVARIASI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DAN BAHASA INDONESIA

Hidayatul Aini

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan hasil belajar menggunakan alat peraga (abp)  dan metode pembelajaran  yang bervariasi pada mata pelajaran matematika dan bahasa indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus. Hasil penelitiannya adalah terjadi peningkatan yang cukup signifikan kepada ketuntatasan siswa diatas 70 sebesar 15% ( dari 75 % ke 90 %)  mata pelajaran matematika. Sementara pada mata pelajaran bahasa Indonesia juga terjadi peningkatan angka ketuntasan sebesar 15 % ( dari 80% ke 90 %). Hal ini berarti menandakan bahwa ada perubahan yang terjadi yang memiliki dampak positif kepada kemajuan hasil belajar siswa sehingga penelitian ini berhasil untuk meningkatkan hasil belajar siswa. 

 

Kata Kunci: Alat Peraga (ABP), Metode Pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Adisukarjo Sujatmoko, dkk. 2004. Kajian Pengetahuan Sosial untuk Kelas VI. Penerbit Yudistira

Drajat, 2004. Aku Matematika untuk Kelas VI. Penerbit Grafindo Media Pratama

Hernawan Asep Hery. 2006. Pengembangan Kurikulumdan Pembelajaran. Penerbit Universitas terbuka.

Mikarsah Hera Lestari, Ph.D, dkk. 2005. Pendidikan Anak di SD. Penerbit Universitas Terbuka.

Pujiati, Dra, dkk. 2006. Alat Peraga Matematika. Penyusun Tim PPPG Matematika Yogyakarta.

Suprayekti, dkk. 2006. Pembaharuan Pembelajaran di SD. Penerbit Universitas Terbuka.

Sumantri Mulyani, Syaodih Nana. 2005. Perkembangan Peserta Didik. Penerbit Universitas Terbuka.

Suciati, DR, dkk. 2005. Belajar dan Pembelajaran 2. Penerbit Universitas Terbuka.

Syamsuddin Abim, Prof, DR, MA, Budiman Nandang, S.Pd. 2005. Profesi Keguruan 2. Penerbit Universitas Terbuka.

Wardani I. G. A. K, DR, dkk. 2004. Penelitian Tindakan kelas. Penerbit Universitas Terbuka.

Winata Putra Udin, S. DR, MA, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran IPS SD. Penerbit Universitas Terbuka




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v0i2.1243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hidayatul Aini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.