PENGARUH MEDIA REALISME DALAM PESAN VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi awal bahwa pembelajaran sejarah masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas pada siswa. Sehingga menyebabkan siswa kurang berpartisipasi aktif atau kurang termotivasi dalam belajar sejarah. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah menerapkan media pembelajaran yang dapat membangkitkan motivasi belajar siswa, yaitu penerapan media realisme dalam pesan visual. Berdasarkan latar belakang masalah diatas, peneliti mengajukan rumusan masalah dalam penelitian, yaitu Apakah ada pengaruh media realisme dalam pesan visual terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas VIII SMP Negeri 10 Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018?. Dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh media realisme dalam pesan visual terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas VIII SMP Negeri 10 Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Penentuan subyek dalam penelitian menggunakan metode Study Populasi dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen dengan pola one group design. Metode pengumpulan data menggunakan metode Angket sebagai metode pokok, sedangkan metode dokumentasi dan observasi sebagai metode pelengkap, metode analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus Chi-Square. Hasil penelitian yaitu ( 10.397> -tabel 9,488) dengan taraf signifikansi 5% dan df=(b-1)(k-1)=(2-1)(5-1)= 4diperoleh Ho ditolak dan Ha diterima yang berbunyi: terdapat Pengaruh Media Realisme Dalam Pesan Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMP Negeri 10 Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018, artinya hasil penelitian ini adalah “Signifikan”.
Kata Kunci: Media Realisme Dalam Pesan Visual, Motivasi Belajar Siswa
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan praktik, (Edisi- Revisi). Jkarta : Rineka Cipta
Arsyad, Azhar. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.
Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.
Aunurrahman. 2012. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Dimyati, dan Mudjiono. 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fardi, Adnan. 2007. Pengembangan Instrumen Motivasi Atlet. Malang: Wineka Media.
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum & Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika Algensindo.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Hamzah. 2014. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Kartika, Dharsono Sony. 2017. Seni Rupa Modern. Bandung: Rekayasa Sains.
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Riduwan. 2014. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Rohani, Ahmad. 2014. Media Kontruksional Edukatif. Jakarta: Ribeka Cipta.
Sardiman. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Salma, Dewi. 2012. Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sudjana, Nana & Rivai, Ahmad. 2015. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.
Sukimi A.W & Edy Sutandur. 2015. Global Seni Rupa SMP kelas 3. Solo.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kualitaatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2009. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D). Bandung. Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v0i2.1241
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Samsul Hadi, Mujiburrahman Mujiburrahman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN: 2656-1417 (Online)
ISSN: 2503-0620 (Print)
Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.