PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUESTION STUDENTS HAVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA TERPADU

Herianto Herianto, Endah Resnandari Puji Astuti

Abstract


Hasil belajar merupakan hal pokok dalam dunia pendidikan namun dalam proses pembelajaran di SMPN 1 Praya Timur hasil belajar siswa berbeda-beda. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah guru masih menggunakan model pembelajaran konvesional dan monoton sehingga siswa kurang berpatisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Atas dasar itu, peneliti mengambil alternatif lain dengan menerapkan Model Pembelajaran Question Students Have. Untuk itu tujuan penelitian untuk menganalisis Pengaruh Model Pembelajaran Question Students Have Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Kelas VIII di SMPN 1 Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik yang digunakan dalam menentukan populasi dan sampel adalah teknik Random Sampling karena jumlah populasi yang lebih dari 100. Sampel yang digunakan berjumlah 48 orang siswa. Metode pengumpulan data menggunaka metode tes sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Untuk menganalisis data menggunakan rumus t-test. Setelah penelitian dilakukan, data hasil penelitian dimasukkan kedalam tabel kerja, kemudian dimasukkan kedalam rumus. Hasil uji-t menunjukkan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel pada taraf signifikansi 5% dengan db=48-2=46 (2,065>2.013). Sehingga penelitian ini dinyatakan signifikan. Dan berdasarkan penemuan penelitian, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan sebaliknya hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka, dapat disimpulkan ada Pengaruh Model Pembelajaran Question Students Have Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu kelas VIII di SMPN 1 Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini“signifikan”.

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran, Question Students Have, Hasil Belajar


References


Ali, M. 2013. “Penelitian Kependidikan Prosedur Dan Strategi”. Bandung :

CV Angkasa.

Hamalik, 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Margono. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman, 2012. Factor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar.

Rusmono, 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia

Suharsimi, A. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

_________, 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono,2013. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Silberman, M. 2005.Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta

Suprijono, Agus. 2009.Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem, Surabaya Pustaka Pelajar offset

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_______, 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatifdan R & D). Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, 2013.Dasar-dasar Proses Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Slameto, 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v0i2.1239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Herianto Herianto, Endah Resnandari Puji Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.