PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MATRIX LABORATORY (MATLAB) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Apriansyah Apriyansyah, Muh. Husein Baysha

Abstract


Media pembelajaran Matrix laboratory (MATLAB) : Media pembelajaran Matrix Laboratory (MATLAB) sebuah bahasa dengan kinerja tinggi untuk komputasi masalah teknik. Matrix Laboratory (MATLAB)  mengintegrasikan komputasi, visualisasi, dan pemrograman dalam suatu model yang sangat mudah untuk pakai dimana masalah-masalah dan penyelesaiannya diekspresikan dalam notasi matematika yang familiar. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku sebagai hasil belajar dalam pengertian yang lebih luas mencakup bidang kognitif, afektif, dan psikomotorik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh media pembelajaran Matrix Laboratory (MATLAB)  dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri 5 Kopang kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018 ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, pengaruh media pembelajaran Matrix Laboratory (MATLAB) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri 5 Kopang kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII 1 di penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes sebagai metode pokok dan metode dokumentasi sebagai metode pelengkap. Untuk menganalisa statistik data dengan menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian yaitu : nilai thitung sebesar  6,242nilai ttable  pada taraf signifikansi 5 %  dengan N=21 sebesar 2,080. Dengan demikian nilai thitung  lebih besar daripada nilai ttabel (6,242 > 2,080 ) sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian ini ”signifikan”. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis Nol (Ho) di tolak dan hipotesis alternatif (Ha) di terima. Maka kesimpulan analisis dalam penelitian ini adalah : ”Ada Pengaruh Media Pembelajaran Matrix Laboratory (MATLAB) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri 5 Kopang kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018.

 

Kata kunci : Media pembelajaran Matrix laboratory (MATLAB) dan Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2017. Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Asra, A. 2014. Metode penelitian survei. Bogor: IN Media.

Cahyono, B. 2013. Penggunaan Software Matrix Laboratorium (MATLAB) Dalam Pembelajaran Aljabar Linier. FTIK IAIN Walisongo.

Hamalik, O. 2014. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Haryono, A. 2009. Media pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Handayanto, T, R. 2012. Penerapan Soft Computing dengan MATLAB. Bandung: Rekayasa Sains

IKIP Mataram, 2011. Pedoman Pembimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah. Mataram: IKIP Mataram.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v0i2.1235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Apriansyah Apriyansyah, Muh. Husein Baysha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.