PENGARUH METODE DRILL MENGGUNAKAN COMPUTER BASED INSTRUCTION (CBI) TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
Dalam proses pembelajaran TIK kelas VIII di SMP Negeri 4 Batukliang Utara masih menggunakan metode ceramah, dibuktikan dengan ketidakmampuan siswa dalam mengoprasikan komputer saat proses pembelajaran dimulai. Hal ini menyebabkan siswa tidak mengerti penggunaan komputer dan berakibat pada hasil belajar siswa yang kurang dari KKM yaitu 65, karena pada kenyataannya hasil belajar merupakan indikator paling penting dalam proses belajar. Atas dasar itu peneliti berinisiatif menerapkan Metode Drill meggunakan Computer Based Intruction (CBI). Adapun tujuan dari penelitian iniyaitu untuk mengetahui Pengaruh Metode Drill Menggunakan Computer Based Intruction (CBI) Terhadap hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran TIK di SMP Negeri 4 Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah Tahun pelajaran 2017/2018.Subjek penelitian ini menggunakan Study Populasi dikarenakan jumlah siswa yang kurang dari 100 yaitu 21 siswa, jadi diambil seluruhnya.Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes sebagai metode pokok dan metode dokumentasi sebagai metode pelengkap. Setelah penelitian dilaksanakan, peneliti menganalisa data menggunakan rumus t-test, hasil Uji-t menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan df= 21-1= 20(3,696>2,086) sehingga hasil penelitian ini “signifikan”. Berdasarkan penelitian ini maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hopotesis alternatif (Ha) diterima.Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Metode Drill Menggunakan Computer Based Instruction (CBI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran TIK di SMP Negeri 4 Batukliang Utara Tahun Pelajaran 2017/2018.
Kunci : Metode Drill, Computer Based Instruction, Hasil Belajar
Full Text:
PDFReferences
Anitah, Sri W. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Armay, Arief. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam.Jakarta: Ciputat
Asep Herry Hernawan. 2011. Pengembangan Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta : Unversitas Terbuka.
Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Konstektual (Inovatif). Bandung : Yrama Widya.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia
Rusman. 2012. Belajar dan pembelajaran berbasis computer. Bandung : alfabeta
Safitri, Wiwit. 2011. Pengaruh Metode Drill Terhadap Prestasi Belajar Al Qur’anHadits Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nu 1 Kalitapen Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2010/2011. Purwokerto: IAIN Purwokerto.
Sudjana, Nana. 2014. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru
_______ 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur peneltian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2008. Media Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurikulum & Teknologi Pendidikan FIP UPI
Usman, dkk. 2015. Pembelajaran Berbasis Komputer. Kendari: IAIN Kendari
Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tujuan kompetensi operasional.Jakarta : Budi Aksar
DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v0i2.1234
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ana Suchianty, Restu Wibawa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN: 2656-1417 (Online)
ISSN: 2503-0620 (Print)
Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.