PENGARUH REINFORCEMENT GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMPN 2 SAKRA TIMUR

Hadi Gunawan Sakti

Abstract


Pendidikan di sekolah mempunyai tujuan untuk menjadikan para siswanya agar mencapai suatu perkembangan yang optimal sesuai dengan bakat, kemampuan, minat serta cita-citanya masing-masing. Untuk mencapai tujuan tersebut maka di dalam proses belajar mengajar seorang guru hendaknya menciptakan situasi lingkungan yang memungkinkan supaya anak aktif dalam belajar. Guru juga harus memiliki komponen dan kompetensi dalam interaksi belajar mengajar. Disamping memiliki komponen dan kompetensi yang dimiliki, seorang guru juga hendaknya memiliki keterampilan dalam memberikan reinforcement. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kuantitatif, adapun jenis penelitian yangg eksperimen. Dan teknik dalam pengumpulan data penulis menggunakan angket dan metode dokumentasi. Dengan melihat dari jenis data, maka dapat ditentukan teknik analisis data. Dalam penelitian, karena data bersifat kuantitatif maka teknik analisis data yang digunakan adalah statistik dengan rumus korelasi.

Untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh pemberian reinforcement guru terhadap peningkatan motivasi belajar matematika pada siswa SMP Negeri 1 Sakra Timur, penulis mengolah data hasil penelitian menggunakan rumus korelasi r product moment. Dengan rumus korelasi didapat hasil rxy = 0,430, dengan memilih taraf signifikan 5%. Adapun taraf signifikan 5% didapat rt = 0,316. Hal ini menunjukkan bahwa r hitung lebih besar dari r tabel (rxy > rt) karena rxy > rt, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu ada pengaruh reinforcement guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SMP Negeri 2 Sakra Timur.

 

Kata Kunci : Reinforcement


Full Text:

PDF

References


Acgsanuddin. 2001. Praktik Pengalaman Lapangan (Membentuk Profesionalisme Guru). Malang: PT. Universitas Muhammadiyah Malang.

Amudi Pasaribu. 1983. Pengantar Statistik. PT. Ghalia Indonesia.

Hasibun J, dkk. 1994. Proses Belajar Mengajar (Keterampilan Dasar Pengajaran Mikro). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Jhon Sudjadi H, dkk. 1985. Kamus Lengkap Inggris-Indonesia, Indonesia-Inggris. Jakarta: Indah.

Lex J, Moleong. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moh. Uzer Usman. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Netra I, B. 1994. Statistik Inferensial. Surabaya: PT. Usaha Nasional.

Nyoman Dantes. 1984. Metode Penelitian. Surabaya: Bina Karya.

Oemar Hamalik. 2002. Proses Belajar Mengajar. Surabaya: PT. Usaha Nasional.

Sabana M, Sudarajat, dkk. 2000. Statistik Pendidikan. Bandung: PT. Pustaka Setia.

Sahlah N, I. Pengajaran Mikro. Ujung Pandang: FKIP Ujung Pandang.

Saiful Bahri Djamarah, dkk. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Saiful Bahri Djamarah. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: PT. Usaha Nasional.

Sanatiah, Faisal. 2003. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sardiman A, M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Slameto. 1993. Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya: PT. Usaha Nasional.

Slameto. 2002. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Surabaya: Usaha Nasional.

Soepomo. 1980. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Bandung: CV. Karya Bandung

Suharsimi, Arikunto. 1992. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sumadi, Suryabrata. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suprayekti. 2003. Interaksi Belajar Mengajar. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Sutrisno, Hadi. 1984. Statistik II. Jakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Wayan, Nurkencana. 1993. Pemahaman Individu. Surabaya: PT. Usaha Nasional.

Winarno, Surachmad. 1984. Metodologi Research. Surabaya: Usaha Nasional.

Zainal Aqib. 2003. Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya: PT. Insan Cendekia.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v3i1.1230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hadi Gunawan Sakti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.