PENGARUH MEDIA KOMPUTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

M. Andri Iqromi, Muh. Husein Baysha

Abstract


Pembelajaran di sekolah masih bersifat konvensional, yaitu model yang menggunakan sistem sederhana seperti ceramah, diskusi, dan kerja kelompok. Dalam menentukan model pembelajaran, guru juga harus memperhatikan faktor siswa sebagai subyek belajar. Upaya untuk meningkatkan penguasaan materi pembelajaran siswa tidak terlepas dari berbagai faktor yang mempengaruhinya. Dalam hal ini, perlu juga guru yang lebih kreatif agar dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan, sehingga para siswa akan menyukai pembelajaran tersebut dan permasalahan yang timbul diantaranya guru lebih banyak menempatkan siswa sebagai objek dan bukan sebagai subjek didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada Pengaruh Media Komputer Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas VII di MTs Al-Khairiyah NW Putri Rajak Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018?. Pengaruh Media Komputer terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris pada Siswa Kelas VII di MTs Al-Khairiyah NW Putri Rajak Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Untuk itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Media Komputer Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas VII di MTs Al-Khairiyah NW Putri Rajak Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes sebagai metode pokok, sedangkan metode dokumentasi sebagai metode pelengkap, metode analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus t-test. Hasil analisis yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai thitung 4,818 dan ttabel 2,145 dengan taraf signifikansi 5%. Dengan demikian, thitung>ttabel yaitu (4,818>2,145) dengan demikian penelitian ini signifikan. Ini berarti hipotesis alternatif (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: Ada Pengaruh Media Komputer Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas VII di MTs Al-Khairiyah NW Putri Rajak Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018.

Kata kunci: media pembelajaran, komputer, prestasi belajar.


Full Text:

PDF

References


Donald H. Sanders. 2010. Komputer Today, Singapore: Me Graw Hill Book Company.

Depdikbud. 2010. Model-Model Pembelajaran Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta: PGSM.

Margono . 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Made wena. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Fathorrohman dan Sulistyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta: Teras

Rusman dkk. 2013. Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Robert H. Blissmer. 2010. Komputer Annual, An Introduction to Information Systems.

Sumani, Mukhlas. 2011. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ridwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v3i1.1228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 M. Andri Iqromi, Muh. Husein Baysha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.