PERBANDINGAN STRATEGI THE POWER OF TWO DAN STRATEGI COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Lita Lita, Wayan Tamba

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak guru yang menggunakan strategi pembelajaran monoton sehingga pada proses pembelajaran seringkali dijumpai adanya siswa yang kurang berpartisipasi aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, strategi yang tepat pada dasarnya bertujuan untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat belajar secara aktif dan bebas mengeluarkan pendapat mereka dalam pemecahan masalah sehingga dapat meraih hasil belajar yang optimal. Maka dalam hal ini strategi yang dapat digunakan adalah strategi the power of two dan cooperative script. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Perbedaan antara strategi pembelajaran The Power of Two dan strategi Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Kopang Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Populasi sebanyak 113 siswa dan sampel sebanyak 46 siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus t-tes. Untuk membuktikan ada perbedaan hasil belajar siswa dilihat dari nilai (x₁) ̅ = 80,523 dan x ̅₂ = 73,043. Hasil analisis diperoleh nilai thitung sebesar 4,707 dan nilai ttabel pada taraf Signifikan 5% dengn d.b (N1-1)+(N2-1)= (23-1)+(23-1)= 22+22=44 lebih besar dari pada nilai t pada tabel (4,707 > 2,015), berarti Ho ditolak dan Ha diterima yang berbunyi: Ada Perbedaan Antara Strategi the power of two dan Strategi cooperative script Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Kopang Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penellitian ini “signifikan”.
Kata Kunci: Strategi The Power of Two, Cooperative Script, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Ali, M. 2013. “Penelitian Kependidikan Prosedur Dan Strategi”. Bandung : CV Angkasa.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmansyah. 2010. Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. 2014. Kurikulum dan pembelajaran, Jakarta : bumi aksara.

Huda, M. 2013. Model-model Pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangakan Profesionalisme Guru. Bandung: Kharisma Putra Utama.

Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indoneisa.

Silberman, M. 2009. Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Madani.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 2013. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v3i1.1227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Lita Lita, Wayan Tamba

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.