PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF KATA BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Pada pengamatan awal, guru Bahasa Inggris pada SD Integral Luqman Al-Hakim Mataram seringkali menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah. Karena Bahasa Inggris adalah mata pelajaran yang membutuhkan partisipasi aktif siswa untuk mempelajarinya, maka metode ceramah yang lebih bersifat berpusat pada guru tidak tepat untuk digunakan. Sering kali siswa tidak dapat menangkap penjelasan guru. Kebanyakan siswa hanya mendengarkan dan mencatat apa yang dijelaskan oleh guru sedangkan mereka tidak memahami materi pembelajaran itu sendiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah Ada Pengaruh Model Pembelajaran Induktif Kata Bergambar terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas V di SD Integral Luqman Al-Hakim Tahun Ajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui Apakah Ada Pengaruh Model Pembelajaran Induktif Kata Bergambar terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas V Di SD Integral Luqman Al-Hakim Mataram Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Integral Luqman Al-Hakim Mataram yang berjumlah 65 orang siswa. Karena populasi kurang dari 100 maka penelitian ini menggunakan studi populasi. Rancanagan penelitian menggunakan one-Group pretes-posttes design. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode tes sebagai metode pokok sedangkan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Tehnik analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus ttes. Hasil analisis diperoleh nilai ttest sebesar 5,170 dan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% dengan db = N-1 = 25 lebih besar daripada nilai ttest pada tabel (5,170>2,060), berarti bahwa ditolak dan Ha diterima yang berbunyi: Ada Pengaruh Model Pembelajaran Induktif Kata Bergamabar terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas V Di SD Integral Luqman Al- Hakim Mataram Tahun Ajaran 2017/2018, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini “signifikan”.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Induktif Kata Bergambar, Hasil Belajar.Full Text:
PDFReferences
Huda, Miftahul. 2013. Mode-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Huda, Miftahul. 2013. Mode-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
IKIP Mataram. 2011 Pedoman Pembimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah. Mataram.
Martono, Nanang. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Mukhlas , Sumani. 2011. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Pelajar.
Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.
Ridwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suprijono , Agus. 2016. Model-model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Shohimin , Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Susanto , Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. 2010. Metodelogi Penelitian. Bandung: Alfabeta
Susilana, R & Riyana, C. 2012. Media pembelajaran hajikat, pengembangan, pemanfaatan dan penilaian. Bandung: C.V Wacana Prima.
DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v3i1.1226
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ayu Bastika, Mujiburrahman Mujiburrahman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN: 2656-1417 (Online)
ISSN: 2503-0620 (Print)
Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.