PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF KATA BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Ayu Bastika, Mujiburrahman Mujiburrahman

Abstract


Pada pengamatan awal, guru Bahasa Inggris pada SD Integral Luqman Al-Hakim Mataram  seringkali  menggunakan  metode  konvensional  yaitu  metode  ceramah. Karena Bahasa Inggris adalah mata pelajaran yang membutuhkan partisipasi aktif siswa untuk mempelajarinya, maka metode ceramah yang lebih bersifat berpusat pada guru  tidak  tepat  untuk  digunakan.  Sering  kali  siswa  tidak  dapat  menangkap penjelasan guru. Kebanyakan siswa hanya mendengarkan dan mencatat  apa yang dijelaskan oleh guru sedangkan mereka tidak memahami materi pembelajaran itu sendiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah Ada Pengaruh Model Pembelajaran Induktif Kata  Bergambar  terhadap  Hasil Belajar  Siswa Pada  Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas V di SD Integral Luqman Al-Hakim Tahun Ajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui Apakah Ada Pengaruh Model Pembelajaran Induktif Kata Bergambar terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas V Di SD Integral Luqman Al-Hakim Mataram Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Integral  Luqman  Al-Hakim  Mataram  yang  berjumlah  65  orang  siswa.  Karena populasi kurang dari 100 maka penelitian ini menggunakan studi populasi. Rancanagan penelitian menggunakan one-Group pretes-posttes design. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode tes sebagai metode pokok sedangkan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Tehnik analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus ttes. Hasil analisis diperoleh nilai ttest sebesar 5,170 dan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% dengan db = N-1 = 25 lebih besar daripada nilai ttest pada tabel (5,170>2,060), berarti bahwa  ditolak dan Ha  diterima yang berbunyi: Ada Pengaruh Model Pembelajaran Induktif Kata  Bergamabar  terhadap  Hasil  Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas V Di SD Integral Luqman Al- Hakim Mataram Tahun Ajaran 2017/2018, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini signifikan”. 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Induktif Kata Bergambar, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Huda, Miftahul. 2013. Mode-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Huda, Miftahul. 2013. Mode-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

IKIP Mataram. 2011 Pedoman Pembimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah. Mataram.

Martono, Nanang. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mukhlas , Sumani. 2011. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Pelajar.

Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ridwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suprijono , Agus. 2016. Model-model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Shohimin , Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Susanto , Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2010. Metodelogi Penelitian. Bandung: Alfabeta

Susilana, R & Riyana, C. 2012. Media pembelajaran hajikat, pengembangan, pemanfaatan dan penilaian. Bandung: C.V Wacana Prima.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v3i1.1226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ayu Bastika, Mujiburrahman Mujiburrahman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.