PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WEBBED (JARING LABA-LABA) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Indah Susilawati Salman, Farida Fitriani

Abstract


Masalah yang ditemukan di Kelas V SDN 16 Mataram adalah pada saat pembelajaran berlangsung seringkali dijumpai adanya siswa yang kurang berpartisipasi aktif dalam mengikuti proses pembelajaran, ini disebabkan karena guru masih belum maksimal dalam menggunakan model pembelajaran sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. Untuk itu guru seharusnya dituntut untuk lebih dapat mengemas suatu materi dengan menggunakan model pembelajaran, sehingga  pembelajaran menjadi efektif dan menyenangkan. Rumusan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran webbed (jaring laba-laba) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS terpadu di SDN 16 Mataram tahun pelajaran 2017/2018. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran webbed (jaring laba-laba) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS terpadu di SDN 16 Mataram tahun pelajaran 2017/2018”. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan One Group Pre-test post-test design, dengan bentuk one group pretest–postest design Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN 16 Mataram yang memiliki motivasi belajar yang rendah, sampel yang digunakan berjumlah 45 orang siswa. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes sebagai metode pokok dan metode observasi dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Untuk analisis data menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian yaitu: nilai t-test sebesar 8.726, sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% = 2.0154. Dengan demikian nilai thitung lebih besar dari pada nilai ttabel (8.726 > 2.0154). sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian ini “signifikan”. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis Nol ( 12H0"> )ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) di terima.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Webbed (Jaring laba-laba), Hasil Belajar


References


Arikunto, S. 2009. Manajmen Penelitian . Jakarta : Rineka Cipta.

Dalyono. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Daryanto, 2014. Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013). Jogjakarta: Gava Media.

Hamalik, O. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivitas. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wahab, A. & Shaleh, R,. 2005. Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam. Jakata: Prenada Media.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v3i1.1225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indah Susilawati Salman, Farida Fitriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.