PENGARUH MEDIA DESAIN GRAFIS BERBASIS ADOBE PHOTOSHOP TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui Pengaruh Media Desain Grafis Berbasis Adobe Photoshop Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Di SMK NW Kembang Kerang Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket sebagai metode pokok, observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Penelitian ini mengambil sampel siswa kelas X jurusan Multimedia di SMK NW Kembang kerang Kabupaten Lombok Timur. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis data statistic uji perbedaan rata-rata hitung dengan rumus t- test. Hasil analisis yang diperoleh dalam penelitin ini adalah t-hitung 4,434 dan t-tabel 2,103 dengan demikian t-hitung lebih besar dari t-tabel (4,434> 2,103) dengan taraf signifikansi 5%, ini berarti Hipotesis Nol (Ho) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Sehingga penelitian ini dapat dikatakan ada Pengaruh Media Desain Grafis Berbasis Adobe Photoshop Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Di SMK NW Kembang Kerang Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2016/2017.
Kata kunci: Media pembelajaran, Kreativitas Belajar
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatandan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Fathoni, A. 2011. Metodologi Penelitian & Tehnik Penulisan Karya Skripsi. Jakarta: RinekaCipta.
Haka MJ, 2006. Teknologi Informasi, dan komunikasi. Solo : CV. Haka MJ.
Januszewski, A Molenda, M. 2008. Education Technology. Newyork: Taylor dan Prancis Group.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan (Kuantitatif, Kualitatifdan R&D) Bandung: CV.ALFABETA.
_________. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Kualitatif dan Kuantitatif R&D) Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v3i1.1223
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Musmuliadi Musmuliadi, Ary Purmadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN: 2656-1417 (Online)
ISSN: 2503-0620 (Print)
Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.