PENGARUH MEDIA DESAIN GRAFIS BERBASIS ADOBE PHOTOSHOP TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA

Musmuliadi Musmuliadi, Ary Purmadi

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui Pengaruh Media Desain Grafis Berbasis Adobe Photoshop Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Di SMK NW Kembang Kerang Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket sebagai metode pokok, observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Penelitian  ini mengambil sampel siswa kelas X jurusan Multimedia di SMK NW Kembang kerang Kabupaten Lombok Timur. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis data statistic uji perbedaan rata-rata hitung dengan rumus t- test. Hasil analisis yang diperoleh dalam penelitin ini adalah t-hitung 4,434 dan t-tabel 2,103 dengan demikian t-hitung lebih besar dari t-tabel (4,434> 2,103) dengan taraf signifikansi 5%, ini berarti Hipotesis Nol (Ho) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Sehingga penelitian ini dapat dikatakan ada Pengaruh Media Desain Grafis Berbasis Adobe Photoshop Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Di SMK NW Kembang Kerang Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2016/2017.

Kata kunci: Media pembelajaran, Kreativitas Belajar


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatandan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Fathoni, A. 2011. Metodologi Penelitian & Tehnik Penulisan Karya Skripsi. Jakarta: RinekaCipta.

Haka MJ, 2006. Teknologi Informasi, dan komunikasi. Solo : CV. Haka MJ.

Januszewski, A Molenda, M. 2008. Education Technology. Newyork: Taylor dan Prancis Group.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan (Kuantitatif, Kualitatifdan R&D) Bandung: CV.ALFABETA.

_________. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Kualitatif dan Kuantitatif R&D) Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v3i1.1223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Musmuliadi Musmuliadi, Ary Purmadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.