The Role of Teachers in Increasing Low-Grade Students' Interest in Reading
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adipta, H., Maryaeni, & Hasanah, M. (2016). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Sebagai Sumber Bacaan Siswa SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan Vol, 1(5), 989–992. https://doi.org/10.17977/jp.v1i5.6337.
Asniar et al. (2020). Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Minat Baca Siswa. Jurnal Bening. 4 (1), 9-16. http://dx.doi.org/10.36709/bening.v4i1.10484
Azizah, N. (2018). Peran Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Bahasa Siswa melalui Kegiatan Literasi di Kelas I SD Tara Salvia Tahun Ajaran 2018/2019. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Erlina, P. (2020). “Company profile, visi misi, dan struktur organisasi”. PT Gihon Telekomunikasi Indonesia.
Hayani. (2017). Hubungan Motivasi Guru dengan Minat Baca Peserta Didik di SMP Negeri 2 Pare Pare. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Mansyur, Y. M. (2020). Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Klasifikasi Tingkat Kelulusan Siswa tk Islam Assalamah Sukabumi. Universitas BinaSarana Informatika
Mirnawati. (2020). Meningkatkan minat membaca siswa dengan menggunakan media visual. Jurnal Metode Pengajaran, 9(1), 98–112.
Minshi, M. & Ghali, A. (2018). Peran guru dalam pengelolaan kelas. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 20. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.6144.
Monika, & Adman. (2017). Peran Efikasi Diri dan Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 109. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8111.
Mulyasa. (2015). Menjadi Guru Profersional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. PT Remaja Rosdakarya.
Rahayu, L. T. I. (2016). Hubungan Minat Membaca dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Materi Menulis Karangan pada Warga Belajar Kejar Paket C di PKBM Al-Firdaus Kabupaten Serang. Jurnal Untirta, 1(2), 188–201.
Rahmawati, M. & Suryadi, E. (2019). Efektivitas guru dan siswa sebagai fasilitator pembelajaran. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 49. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14954.
Rintang, K., Istiyati, S., & Hadiyah, H. (2021). Analisis peran guru dalam meningkatkan minat baca peserta didik di sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(1), 6.
Safitri, V. & Duffit, F. (2021a). Peran guru dalam pembelajaran membaca dan menulis melalui kampanye literasi di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.938.
Safitri, V. & Duffit, F. (2021b). Peran guru dalam pembelajaran membaca dan menulis melalui kampanye literasi di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356-1364. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.938.
Salma, & Mudzanatun. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 122–127. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17555.
Santika, T. (2018). Peran Keluarga, Guru,dan Masyarakat dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. JUDIKA (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 6(November).
Sari, I. R. (2018). Minat Membaca Karya Sastra Mahasiswa Sastra Indonesia Angkatan 2014- 2017 Dan Tanggapan Mahasiswa Sastra Indonesia Fib Undip Terhadap Cerpen “Sepotong Senja Untuk Pacarku” Karya Seno Gumira Ajidarma (Sebuah Kajian Resepsi Sastra). In Publishing. Universitas Diponegoro.
Shidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Ponorogo: CV Nata Karya.
Sudarto, Nugrahani, F., & Susanto, H. A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Media Audio Visual Berbasis Powerpoint untuk Menumbuhkan Minat Membaca Permulaan Sekolah Dasar. Page 1 Stilistika,5(1).
Taib, B., Oktaviani, W., & Ilham, A. (2022). Analisis Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Baca Permulaan pada Anak Kelompok Bdi PAUD Terpadu Alkhairat Skeep. Jurnal Ilmiah, 4(1). https://doi.org/10.33387/cp.v4i1.4393.
Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4
DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v9i1.10538
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Aulia Fajar Khasanah, Ririn Setyowati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN: 2656-1417 (Online)
ISSN: 2503-0620 (Print)
Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.