Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem-Based Learning Berorientasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK

Fadhilla Maharani, Arjudin Arjudin, Dwi Novitasari, Sri Subarinah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem based learning (PBL) berorientasi kemampuan berpikir kritis siswa SMK yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) menggunakan model 4D (define, design, develop, and disseminate). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Teknik analisis data yaitu analisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Validitas produk dinilai oleh dua validator dengan analisis skala likert. Kepraktisan ditentukan dari hasil observasi melalui lembar keterlaksanaan kegiatan pembelajaran dan efektivitas diperoleh dari uji coba terbatas untuk menilai N-Gain. Hasil analisis data menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan: (1) Valid, dengan nilai rata-rata yang didapatkan sebesar 75%, (2) Praktis, persentase rata-rata keterlaksanaan kegiatan pembelajaran sebesar 91,17%, dan (3) Efektif, nilai rata-rata tes kemampuan berpikir kritis sebelum implementasi model PBL didapatkan sebesar 17,31 dan setelah implementasi sebesar 75,75 kemudian dilakukan uji N-gain dan didapatkan peningkatan sebesar 0.71. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem based learning (PBL) berorientasi kemampuan berpikir kritis valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

Keywords


Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD); Problem Based Learning (PBL); Kemampuan Berpikir Kritis; Sekolah Menengah Kejuruan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v11i1.8288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Media Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-MPM Abstracting & Indexing
This journal has been covered by the following indexing and abstracting services: