Pengembangan instrumen suara untuk mengukur peningkatan karakter disiplin peserta didik dalam pembelajaran inquiry di SMPN 1 Jereweh
Abstract
Pelaksanaan penilaian karakter peserta didik di sekolah masih diperlukan pengembangan instrument SUARA (Survey karekter) untuk meningkatkan karakter disiplin peserta didik. Disiplin penting bagi peserta didik agar menjadi manusia yang jujur, bertanggung jawab, kreatif, empaty serta ada rasa toleransi terhadap sesama. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Instrumen SUARA untuk meningkatkan karakter disiplin peserta didik dalam pembelajaran Inquiry pada mata pelajaran matematika di SMP Negeri 1 Taliwang. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan oleh peneliti melalui praktik tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua untuk uji produk. Hasil pengembangan instrumen SUARA untuk menunjukkan hasil sesuai harapan yaitu terjadi peningkatan karakter Disiplin. Nilai Realibilitas Instrumen SUARA menunjukkan angka yang konsisten dari kelas yang dijadikan Subjek penelitian. Nilai koefisien reliabilitas ini konsisten 0.9109 memiliki reliabilitas yang tinggi.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v10i1.5308
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Media Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.