Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Daring Materi Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 2 Alas Tahun Pelajaran 2021/2022

Doni Ikhwansyah, Sanapiah Sanapiah, Eliska Juliangkary

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesulitan belajar matematika dalam pembelajaran daring pada materi aljabar terhadap siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Alas tahun pelajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriftif kualitatif. Teknik penggumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik metode tes, angket, dan metode wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode tes tertulis, angket, dan tes wawancara dengan mengembangkan fakta-fakta atau kenyataan yang didapatkan dan dapat dikembangkan dari hasil penelitian yang dilakukan. Objek penelitian ini adalah faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar yang dialami siswa saat pembelajaran daring dalam menyelesaikan operasi aljabar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring pada materi operasi aljabar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Alas Tahun Pelajaran 2021/2022 adalah dapat dilihat dari beberapa siswa masih kesulitan untuk memahami materi sehingga pada saat diberikan soal masih terdapat kesalahan untuk menjawab karena tidak sesuai dengan konsep aljabar yang telah diberikan melalui aplikasi WhatsApp.

Keywords


Analisis Kesulitan, Daring, Aljabar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v10i1.5066

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Media Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-MPM Abstracting & Indexing
This journal has been covered by the following indexing and abstracting services: