Pengaruh media pembelajaran quizizz terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar pada siswa SMP

Astuti Astuti, Dwi Oktaviana, Muhamad Firdaus

Abstract


Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode penelitian eksperimen, dengan desain true eksperimental design. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pengaruh Media Pembelajaran Kuis tentang Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika dan Kemandirian Belajar dalam Materi Dan Fungsi pada Kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Raya adalah latar belakang permasalahan dalam penelitian ini. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 60 siswa, yang terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas  kontrol. Tujuan umum yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Kemandirian Belajar Dalam Materi relasi dan fungsi Kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Raya. Lembar tes dan kuesioner adalah instrumen yang digunakan. Tes, kuesioner, dan wawancara adalah beberapa prosedur pengumpulan data yang digunakan. Berdasarkan hasil dari uji t dua sampel yang menggunakan nilai post-tes kelas eksperimen dan kontrol yaitu nilai uji t kemampuan pemecahan masalah matematis  4,39 > 1,67 dan kemandirian belajar  4,58 > 1,67. Paparan tersebut menetapkan bahwa penggunaan media pembelajaran Quizizz berdampak pada keterampilan dan kemandirian belajar matematika dalam kaitannya dengan materi relasi dan fungsi.


Keywords


Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemandirian Belajar, Quizizz

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v10i1.5039

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Media Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-MPM Abstracting & Indexing
This journal has been covered by the following indexing and abstracting services: