Respon Guru SD melalui Training of Teacher untuk Meningkatkan Kecapakan Matematis di Era Revolusi 4.0

Mira Nurhayati, Aldi Putra Wijaya, Fitri Rahmadhani, Gresilia Situmorang, Nizzah Aulia Ahsanah Mukarromah, Zulkardi Zulkardi, Novika Sukmaningthias, Zuli Nuraeni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Respon Guru SD melalui Training of Teacher untuk Meningkatkan Kecapakan Matematis di Era Revolusi 4.0. Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian Deskriptif Kualitatif dengan melibatkan subjek sebanyak 6 guru SD Negeri 7 Lawang Kidul. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara angket setelah dilakukan pelatihan kepada guru selama 6 hari. Angket yang digunakan pada penelitian ini merupakan angket dengan jawaban terbuka. Pada angket memuat perihal refleksi dari pelatihan yang telah dilakukan sebelumnya. Data-data yang telah didapat kemudian diolah dan dianalisis secara Kualitatif Non Statistik yaitu, tanpa adanya perhitungan statistik, lalu hasil pada penelitian ini akan dideskripsikan melalui kalimat yang akan ditarik kesimpulannya. Hasil penelitian dari dilaksanakannya Training of Teachers (ToT) untuk meningkatkan kecakapan guru diihat dari data analisis dan pembahasan diperoleh bahwa guru telah mendapatkan beberapa informasi mengenai kecakapan yang diperlukan pada era revolusi industri 4.0 diantaranya belajar matematika dengan praktik, menggunakan media pembelajaran yang bervariasi, dan pengetahuan bahwa ketika seorang guru matematika yang mengajar itu harus menjadi seorangĀ  guru yang menyenangkan dan bisa menjelaskan materi pembelajaran matematika dengan cara yang menarik.


Keywords


Kecakapan Matematika;Respon;Training of Teachers.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v9i2.4484

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Media Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-MPM Abstracting & Indexing
This journal has been covered by the following indexing and abstracting services: