Eksplorasi Kemampuan Siswa Memecahkan Masalah Matematika Program Linier
Ita Chairun Nissa, Baiq Rika Ayu Febrilia, Fitri Astutik
Abstract
Program linier memiliki muatan materi yang menekankan pada metode penentuan nilai optimum (maksimum atau minimum). Masalah program linier pada umumnya disajikan dalam bentuk soal cerita yang melibatkan pertidaksamaan linier dan grafik garis lurus yang masing-masing memerlukan strategi dan pengetahuan yang berbeda. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan kemampuan siswa yang memecahkan masalah program linier dalam bentuk soal cerita dan dalam bentuk grafik. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 26 orang siswa kelas 11 SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods dengan desain eksplanatoris sekuensial. Data kuantitatif diperoleh melalui tes dan data kualitatif diperoleh melalui wawancara. Analisa data dengan uji statistik komparatif dua pihak menghasilkan tstatistik = 3.63 > tkritis satu pihak = 2.05 pada α = 0.05 yang artinya Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan atas kemampuan siswa yang memecahkan masalah program linier dalam bentuk soal cerita dan dalam bentuk grafik. Hasil penelitian ini dapat dijadikan rujukan bagi pentingnya memberikan pengalaman pemecahan masalah kepada siswa secara konsisten, berkelanjutan dan beragam dalam tingkat kesukarannya.
Keywords
Eksplorasi Kemampuan Siswa; Pemecahan Masalah; Masalah Matematika; Program Linier
DOI:
https://doi.org/10.33394/mpm.v9i2.4467
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Media Pendidikan Matematika

This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
J-MPM Abstracting & Indexing
This journal has been covered by the following indexing and abstracting services: