Pengembangan Media Poster dengan Konteks Covid-19 untuk Memperkenalkan Kegunaan Statistika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media poster dengan konteks Covid-19 untuk memperkenalkan kegunaan statistika. Melalui pengembangan media poster ini diharapakan dapat membantu para pendidik untuk dapat memberikan pelajaran matematika dengan bantuan media poster agar tujuan pembelajaran yang telah direncanakan dapat tercapai. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan dengan berdasar pada metode penelitian Research and Development (R&D). Penelitian ini memusatkan pengembangan media pembelajaran poster pada mata pelajaran statistika dengan konteks Covid-19. Pada penelitian dan pengembangan ini penulis hanya menggunakan enam langkah dari sepuluh langkah-langkah penelitian metode R&D yaitu potensi dan masalah , pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain dan uji coba produk. Berdasarkan proses penelitian yang dilakukan diperoleh bahwa pembelajaran dengan media poster dengan konteks Covid-19 pada materi statistika lebih valid dan praktis serta dapat menarik perhatian dan minat siswa dalam pembelajaran matematika. Selain itu , dengan media poster yang telah dikembangkan juga dapat diikut sertakan dalam pameran yang diadakan oleh IDM 314.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v9i1.3761
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Mira Nurhayati, Ego Ego, Friska Mahatri, Zulkardi Zulkardi, Meryansumayeka Meryansumayeka

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.