PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 1 PRINGGARATA PADA MATERI POKOK BANGUN RUANG SISI DATAR

Fathurrahman Fathurrahman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Guided Note Taking dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII.B SMPN 1 Pringgarata pada materi pokok bangun ruang sisi datar tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas atau di sekolah tempat peneliti mengajar dengan penekanan pada penyempuranaan atau peningkatan proses dan praksis pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah, pada siklus I skor rata-rata aktivitas siswa adalah 2,23 dengan kategori kurang aktif dan nilai rata-rata siswa adalah 72,58 dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 73,68%. Pada siklus II skor rata-rata aktivitas siswa adalah 3,06 dengan kategori aktif dan nilai rata-rata siswa adalah 73,46 dengan persentase kentuntasan belajar siswa sebesar 89,47%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Guided Note Taking dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII.B SMPN 1 Pringgarata pada materi pokok bangun ruang sisi datar tahun pelajaran 2012/2013

Keywords


Guided Note Taking, Aktivitas, Prestasi, Bangun Ruang Sisi Datar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v1i2.1898

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Media Pendidikan Matematika



J-MPM Abstracting & Indexing
This journal has been covered by the following indexing and abstracting services: