PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MODELING THE WAY TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 5 GERUNG PADA MATERI POKOK SEGITIGA

SITI KIANI

Abstract


Tujuan dari penelitian ini  untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Modeling the Way terhadap aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMPN 5 Gerung pada materi pokok segitiga tahun pelajaran 2012/ 2013. Jenis penelitian ini eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMPN 5 Gerung dan sampel penelitian ini adalah kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol yang diambil dengan simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi untuk aktivitas dan evaluasi untuk prestasi. Analisis data prestasi belajar siswa dilakukan melalui statistik t-tes sedangkan data aktivitas belajar dilakukan melalui analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) penerapan metode pembelajaran Modeling the Way pada pokok bahasan segitiga berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung >ttabel ; (2) penerapan metode pembelajaran modeling the way pada pokok bahasan segitiga berpengaruh secara signifikan terhadap aktivitas belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung>ttabel 

Keywords


Metode pembelajaran Modeling the Way, aktivitas dan prestasi belajar matematika

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v1i2.1876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Media Pendidikan Matematika



J-MPM Abstracting & Indexing
This journal has been covered by the following indexing and abstracting services: