PENERAPAN METODE EVERYONE IS TEACHER HERE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN BELAJAR MATEMATIKA PADA KELAS VII SMPN 1 LABUHAN HAJI

ANDRIKA WIRIYANTI

Abstract


Rendahnya hasil belajar siswa SMPN 1 Labuhan Haji terutama pada materi pokok persegi dan persegi panjang. Hal ini disebabkan karena banyaknya kekurangan pada kegiatan belajar mengajar seperti aktivitas untuk pencapaian ketuntasan belajar masih kurang, motivasi belajar masih kurang, penggunaan metode belajar yang kurang tepat. Hal tersebut menyebabkan prestasi peserta didik rendah. Oleh karena itu  agar proses pembelajaran berjalan dengan baik maka diperlukan suatu metode pembelajaran yang melibatkan siswa aktif dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa akan meningkat. Motode pembelajaran yang diterapkan disini adalah metode everyone is teacher here dengan mengunakan media gambar. Sesuai dengan tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi pokok Persegi dan persegi panjang. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan, pertemuan 1 dan 2 untuk proses pembelajarannya dan pertemuan 3 untuk evaluasinya. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi diakhir siklus sedangkan data kegiatan aktivitas siswa dan guru dikumpulkan melalui lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode everyone is teacher here dengan mengunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok Persegi dan persegi panjang Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasa belajar siswa pada siklus I sebesar 51 %, analisis rata-rata  aktivitas siswa 7 tergolong cukup baik ,aktivitas guru 39 tergolong  cukup baik, sedangkan siklus II  hasil evaluasi sebesar 87 %, analisis aktivitas siswa 12,8 tergolong sangat aktif, aktivitas guru 49 tergolong sangat baik

Keywords


Metode Everyone is teacher here dengan media gambar,hasil belajar matematika siswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v1i2.1875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Media Pendidikan Matematika



J-MPM Abstracting & Indexing
This journal has been covered by the following indexing and abstracting services: